Siap-siap… Jaksa Mulai Panggil Saksi Usut Dugaan Korupsi Proyek PLTMH – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Siap-siap… Jaksa Mulai Panggil Saksi Usut Dugaan Korupsi Proyek PLTMH

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Pengusutan indikasi penyimpangan dalam pembangunan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) mulai dilakukan. Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra telah mulai mengintensifkan pemeriksaan pada sejumlah saksi dalam perkara tersebut. Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey, SH yang ditemui membenarkan bila tahap penyidikan kasus dugaan korupsi PLTMH memang sudah dimulai. Pada level itu, jaksa ternyata menemukan indikasi penyimpangan lain.

Salah satunya terkait pekerjaan konstruksi pembuatan tempat pembangkit yang diduga tidak sesuai perencanaan. “Penyidik masih mengembangkan dengan melakukan peninjauan lokasi proyek di Kecamatan Tinondo dan Uesi. Informasinya, PLTMH ini sekarang padam total, jadi warga tidak mendapat pasokan listrik lagi,” ungkap Janes, akhir pekan lalu. Meski begitu, penyidik belum mau mengungkap siapa-siapa saja pejabat yang akan mulai diperiksa saat ini.

Sebelumnya, jaksa telah memulai penyelidikan dan menemukan adanya tunggakan pembayaran pendapatan negara bukan pajak (PNBP) sejak PLTMH tersebut beroperasi. Proyek itu hingga saat ini tidak dapat berfungsi. Padahal PLTMH tersebut baru tuntas dikerjakan tahun 2014 silam. Rusaknya PLTMH di Uesi dan Tinondo itu diduga karena ketidakberesan pekerjaan konstruksi. Termasuk terjangan banjir beberapa waktu lalu yang melanda wilayah tersebut. Proyek ini diturunkan Kementerian Koperasi dan UKM untuk memberikan pasokan listrik sebesar 15 ribu watt di kecamatan tersebut. Tiap rumah diberi suplay 450 watt pasokan listrik. (ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top