Disperindag Sultra Dorong Pemasaran Produk Secara Online – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Ekonomi & Bisnis

Disperindag Sultra Dorong Pemasaran Produk Secara Online

 Pengusaha tanaman hias di Kota Kendari yang telah menerapkan pemasaran online. Waode Febriani/Kendari Pos


Pengusaha tanaman hias di Kota Kendari yang telah menerapkan pemasaran online. Waode Febriani/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIMetode pemasaran online adalah trik terbaru dalam meningkatkan angka penjualan, apalagi didukung dengan kemajuan Iptek. Kabid Perdagangan dalam Negeri Disperindag Sultra, Ir. Muhammad Ali mendorong pelaku usaha, agar lebih inovatif dalam memasarkan produk. Menurutnya, bisnis online patut dicoba.

Saat ini, arus perkembangan informasi lintas pulau bahkan mancanegara sangat deras. Jika pelaku usaha terus bertahan dengan pola pemasaran konvensional, tentu hasilnya akan stagnan di lingkup yang sempit.

“Sebaliknya, jika menerapkan sistem pemasaran on line di samping konvensional, maka konsumen tak hanya dari Sultra saja tapi dari luar pulau juga bahkan pengguna internet di belahan bumi lain pun dapat melihat dan membeli produk dari Sultra,” kata Ali.
Bahkan, untuk mendorong pemasaran online, pihaknya pun akan segera meluncurkan Pasar Lelang Online, demi membantu pelaku usaha lokal dalam memasarkan hasil produksi. Ia perkirakan, di bulan Maret program sudah mulai jalan dan semua pengusaha Sultra diberikan kesempatan yang sama untuk terlibat dalam Pasar Lelang Online. Objeknya, seluruh komoditi pertanian dan perikanan sebagai ikon Sultra baik berbentuk bahan baku, setengah jadi maupun barang jadi.

Ali menantang pelaku usaha Bumi Anoa untuk mampu menciptakan produk bermutu yang mampu bersaing secara nasional maupun global. Misal, kemasan abon yang dibuat lebih menarik selain sehat dan bercitarasa istimewa. Pasalnya, tampilan adalah hal pertama yang mampu menarik perhatian konsumen. Dengan metode baru ini, pengusaha lokal dapat lebih produktif dan efisien.
Ia tak menampik, kadang ada keluhan, antara gambar (Metode pemasaran online) dan barang yang datang tidak sesuai. Ia mengimbau agar produsen lebih jujur dalam menciptakan produk karena dengan menjual produk tidak bermutu, sama halnya dengan menghancurkan perusahaan sendiri.

“Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berbisnis online. Pertama, ciptakan barang berkualitas yang dapat dikenal luas oleh masyarakat. Kedua, harus ada garansi jika barang yang datang tak sesuai dengan gambar. Ketiga, bangunlah bisnis dengan kejujuran karena itu kunci sukses,” pesannya.

Di sisi lain, Ali pun mengimbau masyarakat Sultra agar menjadi konsumen cerdas yang mampu memilah dan memilih produk mana yang sekiranya terjamin mutu dan keamanannya. Ia mengutarakan beberapa tips, yakni melihat terlebih dahulu apakah situs web benar-benar terpercaya, memperhatikan apakah ada garansi, tidak mudah tergoda dengan penawaran harga super murah sekaligus memperhatikan cara pembayaran. (feb)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top