Awas! Hari Ini Kota Kendari Masih Diguyur Hujan Lebat – Kendari Pos –
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Awas! Hari Ini Kota Kendari Masih Diguyur Hujan Lebat

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Memasuki bulan Februari, cuaca di wilayah Sultra termasuk Kendari cenderung kurang bersahabat. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan sering melanda. Kondisi ini dipengaruhi menguatnya monsun barat. Angin yang berhembus secara periodik ini telah dominan masuk ke wilayah Sultra. Alhasil, sebagian besar wilayah Sultra telah memasuki puncak musim hujan. Berdasarkan data historis, intensitas hujan selama bulan Februari diprediksi antara 10 sampai 20 milimeter perjam.

images (1)

“Besok (hari ini), Kendari dan sebagian besar daerah Sultra masih berpotensi diguyur hujan. Dari hasil pemantauan, awan konveksi di atas wilayah atmosfir masih cukup padat. Tidak hanya awan-awan hujan, awan cumulonimbus juga ikut terpantau. Makanya, awan yang terjadi kerap disertai angin kencang,” kata Adi Istyono, Kasie Observasi dan Informasi Stasion Metereologi Maritim Kendari, Senin (13/2).

Jika melihat pergerakan awan lanjut pengganti Aris Yunatas ini, hujan diprediksi terjadi pada siang, sore dan malam hari. Pasalnya, hujan yang terjadi bisa menimbulkan genangan air atau banjir. Apalagi intensitas hujan cukup tinggi. Tidak hanya itu, hujan kerap disertai angin dengan kecepatan 30 kilometer perjam. Meskipun masih dikategorikan aman, namun tetap diwaspadai. Bila durasinya lama, angin ini tetap berpotensi menumbangkan pohon.

“Warga diimbau tetap hati-hati. Karakteristik awan cumulonimbus sering disertai angin kencang dan guntur. Hanya saja, potensi angin kencang ini belum mengarah ke puting beliung. Biasanya, kecepatan angin puting beliung mencapai 45 knot atau 90 kilometer perjam,” jelas Adi.

Di wilayah perairan, kondisi gelombang mulai mereda. Namun di wilayah Selatan Sultra tetap harus diwaspadai. Seperti dibagian Selatan Wakatobi, Baubau dan Pulau Kabaena. Tinggi gelombang di wilayah ini masih mencapai 1,25 meter. Sementara di wilayah perairan seperti Teluk Tolo, Manui, menuju Baubau dan Muna hanya sekitar 0,5 meter. Namun sewaktu-waktu kondisi gelombang akan kembali tinggi. Hal ini disebabkan, fenomena angin baratan.

“Atas dasar itu, BMKG tetap mengeluarkan maklumat peringatan cuaca buruk. Diprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di Kendari, Konawe Selatan, Kolaka Utara, Konawe Utara, Konawe dan beberapa wilayah kepulauan seperti Konawe Kepulauan,” pungkasnya. (c/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top