Hore…. TPP PNS Pemprov Naik – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Hore…. TPP PNS Pemprov Naik

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Kabar gembira bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov Sultra. Janji Gubernur Sultra, H. Nur Alam menaikan Tunjangan Penambah Penghasilan (TPP) segera direalisasikan. Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11 miliar. Anggaran ini sebelumnya diperuntukan buat pembayaran TPP 13. Namun karena dasar hukumnya belum jelas, dananya dialihkan untuk menaikan TPP. Hanya saja, penyesuaian kenaikan itu belum bisa segera dirasakan pada bulan Februari ini. Pasalnya, besaran kenaikan tiap jenjang jabatan masih digodok. Saat ini ada dua opsi yang menguat. Pertama, kenaikan TPP ini dibagi merata setiap pegawai tanpa memandang kedudukan atau jabatan. Kedua, porsi kenaikan diberikan pegawai eselon III ke bawah. Sebab selisih besaran antara TPP pejabat eselon II dan dibawahnya sangat jauh berbeda.

“Pak gubernur sudah setuju. Tahun ini, TPP kita naik sekitar 5 persen. Anggarannya telah dialokasikan. Rencananya pembayaran kenaikan akan dilaksanakan bulan Juni mendatang,” beber H. Lukman Abunawas, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra, Jumat (10/2). Meskipun baru akan dibayarkan bulan Juni kata mantan Bupati Konawe dua periode ini, pegawai tidak perlu khawatir. Kenaikan TPP mulai terhitung bulan Januari ini. Penundaan penyesuaian kenaikan TPP katanya, lebih disebabkan masalah teknis karena pembahasannya belum tuntas. Makanya, selisih kenaikan pembayaran TPP bulan Januari hingga Juni akan dirapel. Sementara bulan Juli dan seterusnya, sudah bisa diterima setiap bulannya. “Karena penetapannya terlambat, penyesuaian kenaikan TPP belum bisa dinikmati bulan Februari ini. Agar lebih teratur, pembayaran kenaikan TPP bulan Januari sampai Juni dilakukan secara rapelan. Selisih kenaikan TPP baru akan dibayarkan jelang perayaan Idul Fitri. Jadi dana ini bisa menambah-nambah tunjangan hari raya,” kata mantan Ketua DPC Partai Golkar Konawe. Sejalan dengan kenaikan TPP ini lanjut mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe, pemerintah akan memperketat item yang acuan penilaian TPP. Sejauh ini, laporan disiplin dan kinerja pegawai masih banyak yang dimanipulasi. Setiap bulannya, laporan pencairan TPP rata-rata hampir mencapai 100 persen. Sementara di lapangan, jumlah pegawai yang rutin mengikuti apel pagi dan sore sangat kurang.

Berdasarkan pengamatannya, persentase pegawai yang rutin mengikuti apel di bawah 60 persen. “Jangan jauh-jauh, di sekretariat provinsi saja hanya 50 hingga 60 persen. Ke mana yang lainnya, padahal pembayaran TPP-nya selalu penuh. Apakah tidak aneh. Makanya, saya akan menginstruksi Satpol PP untuk mengefektifkan Petugas Tindak Internal (PTI),” tegas Ketua KONI Sultra ini. Hal senada diungkapkan Asisten III Setprov Sultra, Ketut Puspa Adnyana. Katanya, dalam rapat terakhir usulan kenaikannya telah disetujui gubernur. Keinginan gubernur, agar anggaran sebesar Rp 11 miliar ini dibagi rata. Tidak perlu lagi ada perbedaan persentase kenaikan per jabatan. Sebab bila diurut berdasarkan jabatan, kenaikan TPP bagi pegawai golongan rendah atau staf relatif kecil. Hanya saja, Sekprov berkeinginan agar jabatan eselon I dan II tidak usah dinaikan. Kenaikan TPP diusulkan hanya untuk pejabat golongan III ke bawah.

“Bila dirinci dengan jumlah pegawai sebanyak 7.029 orang, maka kenaikannya sekitar Rp 130 ribu per pegawai. Itu kalau dibagi rata. Tapi bila berdasarkan jabatan, jumlahnya berbeda. Selain itu, pemerintah tengah mengkaji TPP beberapa jabatan eselon II yang nilai lebih besar. Apakah masih dinaikan atau tidak. Seperti jabatan Kepala Inspektorat sebesar Rp 18 juta dan Karo Hukum Rp 14,5 juta. Sementara standarnya hanya sekitar Rp 10 juta sampai 11 juta perbulan,” jelas mantan Kepala Biro Administrasi Pembangunan. (amal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top