Simak! Lima Daerah Ini Kampanye Akbar, Semua Janjikan Bangun Daerahnya Lebih Maju – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Politik

Simak! Lima Daerah Ini Kampanye Akbar, Semua Janjikan Bangun Daerahnya Lebih Maju

Ilustrasi. Kamapanye akbar salah satu pasangan calon.

Ilustrasi. Kamapanye akbar salah satu pasangan calon.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIPerjalanan kampanye para kandidat calon kepala daerah di Sultra yang sudah berjalan tiga bulan terakhir akan mencapai puncaknya, 11 Februari nanti. Akhir pekan ini, adalah hari terakhir para calon itu meyakinkan pemilih bahwa merekalah yang terbaik. Kesempatan sekali untuk berkampanye akbar alias rapat umum di lapangan terbuka, bakal menjadi arena unjuk kekuatan dalam mengumpulkan massa, sebelum hari H pencoblosan, 15 Februari nanti.

Di Kendari, pasangan Abd Rasak-Haris Surahman sudah lebih awal mengambil kesempatan itu, Rabu (8/11). Sedangkan pasangan nomor urut 2, Adriatma Dwi Putra-Sulkarnain (ADP-Sul), baru akan menggelar kampanye akbar Sabtu (11/2) nanti. Sementara pasangan nomor 3, Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah akan menggelar kampanye akbar besok, (10/2).

Ketua Tim Pemenangan ADP-Sul, Syamsuddin Rahim mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan maksimal. Kejutan pun akan diberikan di hari akhir masa kampanye yakni 11 Februari nanti. “Kita target massa yang akan hadir itu sebanyak 30 ribu, sebelumnya 50 ribu. Jumlah itu berkurang mengingat hasil rapat terakhir dengan pihak perhubungan dan kepolisian maka dikurangi,” katanya saat ditemui di Kantor DPRD Kota Kendari, Rabu (8/2).

Dijelaskannya, kampanye akbar akan berlangsung di lapangan Benu-benua. Konsolidasi massa simpatisan akan dimulai sejak pukul 10:00 wita. Massa pun telah ditentukan titik berkumpulnya. Demikian juga dengan rutenya masing-masing per kecamatan. Misalnya, simpatisan dari Kadia, Mandonga, Puwatu itu lewat jalur utama. Kecamatan Baruga, Kambu, Poasia dan Abeli itu By pass.

Menurut dia, dalam kampanye akabar tersebut, akan dihadirkan juru kampanye dari DPP partai pengusung dan partai pendukung. Dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu ada Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan, serta jajaran DPW PAN Sultra dan DPD PAN Sultra. dari PBB ada Ruksamin, Yani Kasim Marewa dan kadernya. Kemudian, Gerindra, Imran dan jajarannya. Demikian juga partai lainnya.

Di tempat terpisah, Ketua Tim Pemenangan Harian Zayat Syahriah, Alwi menegaskan kampanye akbar Zayat-Syahriah akan digelar tanggal 10 Februari 2017. Hal ini setelah pihaknya memutuskan untuk pindah dari jadwal awalnya, 11 Februari. “Kalau kita kampanye hari Jumat (10/2), di pelataran depan eks MTQ. Dengan massa simpatisan sebanyak 15 ribuan keatas,” ujarnya.

Pihaknya juga, kata dia, akan mendatangkan jurkam dari DPP. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri, mengusulkan sebanyak 10 orang. Diantaranya adalah Korwil Sulawesi PDIP, Yanti Sukmadani. Partai Hanura diwakili oleh Sarifudin Sudding dan Korwil Hanura Bahri Misu. Demikian juga demokrat akan ada perwakilan dari DPP nya.

KPU Kota Kendari, melalui Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan, Ade Suerani menegaskan kampanye akbar dimulai dari jam 09.00 wita sampai 18.00 Wita. Olehnya waktu tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dan agar semua paslon dapat mengontrol secara baik simpatisannya. Hal itu, penting untuk keamanan pelaksanaan kampanyenya. Baik dari keberangkatan masing-masing simpatisan dari domisilinya hingga sampai di tempat kampanyenya.

Hal itu juga dapat dilakukan dengan sebaliknya massa yang akan pulang dari acara tersebut. “Kita berharap semua paslon atau tim paslon dapat mengontrol simpatisannya agar tetap kondusif. Artinya, euforianya dilaksanakan dengan baik. Mengingat inti dari kampanye tersebut juga adalah jual visimisi dan program unggulan setiap calon,” tandasnya.

Muna Barat
Harusnya, Jumat (10/2) besok adalah jadwal kampanye akbar pasangan LM Rajiun-Achmad Lamani di Muna Barat. Rencananya, kampanye digelar di lapangan Guali Kecamatan Kusambi. Tapi, setelah melalui kajian mendalam, pasangan dengan tagline Rahmat-nya Mubar ini memilih tidak menggunakan kesempatan untuk pamer kekuatan itu. “Kampanye akbar itu kami pikir lebih banyak mudaratnya (tidak bermanfaat). Kesempatan tanggal 10 itu kami ganti dengan aksi penguatan basis saja,” kata juru bicara Rahmatnya Mubar, La Ode Rahmat Apiti.

Kesepakatan untuk tidak melakukan gelaran kampanye akbar itu diambil setelah dilakukan kajian di internal tim pemenangan. Kata La Ode Rahmat, rapat umum terbuka itu buang-buang energi saja karena kesannya itu lebih pada rekreasi politik. “Masyarakat datang hanya ingin melihat artis dan bukan untuk mendengarkan visi misi calon,” katanya.

Karena itu, lanjutnya, tim memilih bersiaga untuk menjaga basis-basis pemenangan di TPS masing-masing. Kemudian ini juga untuk menghindari sabotase dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. “Hari ini kita lebih pada agenda silahturahim dan menyambangi para pendukung supaya tetap bersatu dan tetap berjaga,”tutupnya.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 1, pasangan Ihsan Ridwan-La Nika akan menggelar kampanye akbarnya tanggal 11 Februari nanti. Menurut Sekretaris DPD Golkar Sultra, selain Ketua Golkar Sultra, Ridwan Bae yang hadir juga akan ada dari DPP Golkar yakni Azis Zyamsuddin. Ada dua artis yang bakal meramaikan jalannya kampanye yakni Lesty, pemenang kontes dangdut di televisi, serta seorang bernama Mey Plara. “Kami perkirakan lebih dari 15 ribu massa hadir,” kata Basri.

Kolaka Utara
Sementara itu, dari Lasusua, Kolaka Utara dilaporan bahwa dari tiga pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati di daerah itu, yakni Nur Rahman Umar-H. Abbas, Bobby Alimiddin Page-H. Maksum Ramli dan Anton-Haedirman Sarira dipastikan hanya satu kandidat yang akan menggelar kampanye akbar yakni dari nomor urut 3. Belum diketahui pasti alasan kedua Paslon lain itu absen dari jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Kolut, Asriadi Budiwan mengungkapkan, berdasarkan jadwal kampanye yang telah ditetapkan, paslon urut 1 diagendakan pada tanggal 6 Februari lalu. Sedangkan paslon 2 sehari setelahnya atau tanggal 7 Februari. Namun pihaknya belum mendapatkan konfirmasi kepastian kampanye. “Belum ada yang konfirmasi. Tetapi hari ini (kemarin, red) dari paslon 2 juga tidak melakukan kampanye jadi tinggal paslon 3 karena jadwalnya tanggal 10,” terangnya.

Rabu (8/2), persiapan kampanye paslon 3 sudah mulai terlihat. Pusat kegiatan di alun-alun Lasusua, mulai terlihat. Atribut partai telah disediakan. Ketua DPD PAN Kolut, Tasrim, S.Ag,. M.Si mengutarakan, sesuai komunikasi lapangan hingga kemarin akan menerjunkan 35 ribu simpatisan dan pendukung untuk menyuarakkan gerakan akbar paslon akronim Aman tersebut.
Selain jurkam, kampante juga siap diramaikan dengan artis Evi Anggraini atau akrabnya Evi Masamba, jawara kompetisi dangdut di sebuah televisi. “Kami siap tunjukkan kekuatan Anton-Haedirman,” pungkasnya.

Bombana
Dari Bombana dilaporkan, dua pasangan calon yang bakal bertarung di Pilkada juga memanfatkan dua hari terakhir masa kampanye untuk unjuk kekuatan. Pasangan nomor urut 1, Kasrah Munara-Man Arfah (BERKAH) akan menggelar kampanye hari ini (9/2) di Lapangan Boepinang, Poleang. “Insya Allah, lebih dari 10 ribu massa akan hadir,” kata Aflan Zulfadli, salah satu anggota tim pemenangan pasangan BERKAH, kemarin.
Sedangkan pasangan nomor urut 2, H Tafdil-Johan Salim (Bertahan) dijadwalkan menggelar kampanye Jumat (10/2) besok di alun-alun RTH di Kasipute. Ini bakal menjadi ajang pamer kekuatan para kandidat sebelum masa tenang dimulai, 12 Februari nanti.

Buton Selatan
Sementara itu, di Buton Selatan, ada dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton Selatan (Busel) yang menggelar kampanye, yakni pasangan nomor urut 2 Muhammad Faisal dan Wa Ode Hasniwati (Faisal-Hasniwati), yang digelar di Lapangan Sabar Kecamatan Sampolawa, dan Paslon nomor 3, Agus Feisal Hidayat dan La Ode Arusani (Asli) di Lapangan Lakarada, Batauga.

Di Sampolawa, Ribuan masyarakat pendukung Paslon ini hadir memadati seluruh area lapangan. “Mengapa bapak dan ibu hadir di sini (Lapangan Sabar, red) dan mau memilih saya. Itu karena visi dan misi yang kami akan lakukan selama lima tahun ke depan masuk jelas dan masuk diakal. Kita bisa meningkatkan sumber pendapatan daerah melalui program yang kami tawarkan. Karena sudah menjadi barang jelas, bahwa program tanpa dukungan anggaran, maka semua hanya mimpi belaka,” kata Muhamad Faisal saat meyampaikan orasinya, kemarin.

Program kerja yang masuk diakal bahkan nyata, lanjut mantan Penjabat (Pj) Bupati Busel itu, salah satunya adalah penyediaan air bersih bagi masyarakat di Busel. Saat ia menjadi Pj semua itu telah diperjuangkannya dan terelaisasi. “Ke depan, pengembangan dan menjadikan Busel sebagai kawasan industri perikanan menjadi program prioritas dan andalan kami. Kemudian, jika pemerintah pusat memprogramkan 12 tahun pendidikan gratis, kita di Busel memberlakukan 17 tahun pendidikan gratis,” janji Faisal yang diikuti sorakan dan tepuk tangan yang meriah dari ribuan pendukungnya.

Di tempat yang sama, mantan Gubernur Sultra, Ali Mazi yang juga terlihat hadir dalam kampanye akbar Faisal-Hasniwati. Katanya, sosok Paslon tersebut pantas menjadi nahkoda bagi masyarakat Busel. “Kualitas dan kinerja Muhamad Faisal membangun Busel sudah dibuktikannya selama menjabat sebagai Pj Bupati. Meski tidak cukup setahun menjabat, ia mampu memperlihatkan kerja nyata dengan pembangunan fisik di daerah ini,” terang Ali Mazi dalam orasinya.

Sedangkan di Batauga, Ribuan masyarakat juga menghadiri acara kampanye akbar nomor tiga, Agus Feisal Hidayat dan La Ode Arusani. Ribuan masyarakat yang merupakan para pendukung fanatik paslon bertagline Asli itu hadir dari seluruh pelosok dusun di tujuh kecamatan di Busel. Dengan memakai atribut kampanye Agus-Arusani, bendara Parpol pengusung yaitu, PDIP, Demokrat, Partai Golkar dan PKS.

“Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, saya berjanji akan memperjuangkan seluruh amanah masyarakat. Tekad untuk mengangkat harkat martabat kepercayaan masyarakat Busel jika terpilih menjadi Bupati adalah hal yang akan kami lakukan. Dengan memperhatikan jerih payah masyarakat yang telah memperjuangkan pekaran Busel dan tetap menjaga komitmen,” kata Agus Feisal Hidayat dalam orasinya Rabu (8/2).

Kata dia, jika pihaknya terpilih menjadi Bupati, maka ada tiga program pilar pembangunan. Dengan mengwujudkan visi menjadikan Busel sebagai pusat pertumbuhan baru melalui optimalisasi sumber budaya lokal menuju masyarakat sejahtera, mandiri dan bermartabat. “Kami ingin seluruh pemerintahan mulai Kades sampai Kadis benar-benar memperhatikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” tandasnya.(ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top