28 Rumah Diamuk Puting Beliung, 1 Orang Luka Serius di Andoolo – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Sulawesi Tenggara

28 Rumah Diamuk Puting Beliung, 1 Orang Luka Serius di Andoolo

kendaripos.fajar.co.id ANDOOLO- Baru saja dua pekan lalu rumah warga pada tiga kecamatan di Konsel diterjang puting beliung, kemarin (7/2), musibah yang sama kembali terulang. Sebanyak 28 rumah warga dan satu unit perkantoran pada dua kecamatan yang terdampak amukan puting beliung. Musibah tersebut terjadi sekira pukul 09.00 Wita di Desa Tatangge Kecamatan Tinanggea, Desa Lalobao dan Desa Punggapu Kecamatan Andoolo.

grafis angin puting beliung

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logisik BPBD Konsel, Mukhtahir Hidayat mengungkapkan, selain rumah warga dan perkantoran, amukan angin kencang itu juga membuat salah satu warga terluka parah. Dia terkena reruntuhan bangunan. “Ada 28 rumah warga mengalami kerusakan. Rinciannya, 10 rumah rusak berat, 13 rusak sedang dan 5 rusak ringan. Warga mengalami luka parah atas nama Sinda (45). Saat ini, korban sementara dirawat di RSUD Konsel,” kata Mukhtahir Hidayat, kemarin.

Kepala BPBD Konsel, Ir Armansyah menambahkan, musibah tersebut terjadi saat tim BPBD Konsel melakukan penyaluran bantuan logistik di Kecamatan Palangga. “Dalam waktu bersamaan, kami juga dapat informasi kalau hal serupa terjadi di Tatangge,” jelasnya.

Mendengar laporan musibah itu, pihaknya langsung menurunkan sejumlah tim yang lain untuk melakukan evakuasi. “Langkah yang dilakukan pertama adalah manusianya dulu. Beberapa warga terpaksa harus mengungsi di rumah tetangganya,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga langsung menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji, pakaian serta obat-obatan. Untuk saat ini sejumlah warga yang berhasil dievakuasi tersebut dalam kondisi darurat. Hanya pakaian di badan yang ada. Mereka butuh bantuan perabot, makanan, dan pakaian. “Beberapa dari perabot rusak parah akibat musibah ini,” terangnya.

Salah seorang warga yang tertimpa musibah, Sindawulu berharap ada perhatian serius dari pemda setempat. “Mudah-mudahan pemda bisa mendengar musibah yang melanda rumah kami. Kiranya ada bantuan bisa disalurkan,” harapnya.

Peristiwa naas itu juga dibenarkan Kapolsek Tinanggea, AKP Gusti Komang Sulastra. “Kejadiannya sekira pukul 09.00 Wita. Kami mendapat laporan dari warga bernama Sindawulu (63), setelah itu kami langsung ke TKP. Dari hasil evakuasi, puluhan rumah rusak dan satu korban mengalami luka serius,” imbuhnya.

Sebelumnya, tanggal 22 Januari, puting beliung melanda tiga kecamatan di Konsel yakni Kecamatan Andoolo, Tinanggea, dan Palangga. Puluhan rumah dan beberapa unit kantor pemerintah rusak akibat diterjang angin. Saat pemerintah sedang mendistribusi bantuan pada korban puting beliung, musibah ini kembali terjadi pada tempat yang berbeda. (kam/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top