Try Out UN SMA, Mapel Pilihan Siswa Bervariasi – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Edukasi

Try Out UN SMA, Mapel Pilihan Siswa Bervariasi

Suasana try out tertulis yang diikuti siswa SMAN 4 Kendari, pekan lalu. Waode Ismawati/Kendari Pos

Suasana try out tertulis yang diikuti siswa SMAN 4 Kendari, pekan lalu. Waode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIPada Ujian Nasional (UN) 2017, telah ditetapkan pengurangan mata pelajaran (mapel) UN pada jenjang SMA/SMK. Siswa tak lagi tes 6 mapel, tetapi hanya 3 ditambah 1 pelajaran pilihan. Adapun mapel yang akan diujikan adalah Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Satu pelajaran pilihan disesuaikan jurusan dan pilihan siswa.

Setelah diberi keleluasaan untuk memilih satu mapel, nampaknya pilihan siswa bervariasi. Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Kendari, Zatiar mengatakan, pihaknya sepenuhnya memberikan kesempatan pada peserta didiknya untuk menentukan pilihan. Tentu siswa memilih pelajaran sesuai apa yang disukainya. Namun hampir tak ada satu pun mapel yang mendominasi.

“Mereka mempunyai pilihan yang berbeda-beda sehingga sangat beragam pada mapel pilihan ini. Kalau jurusan IPA kan ada Biologi, Fisika dan Kimia. Sama seperti mapel yang terdapat pada jurusan IPS dan Bahasa,” paparnya.

Namun ada beberapa mapel, kata dia, sedikit dominan yaitu Biologi (IPA) dan Sosiologi untuk IPS, Bahasa semua sama. Akan tetapi, perbedaannya tidak signifikan. Menurutnya, mapel itu tidak bisa dikatakan lebih disukai siswa sebab hanya beda tipis saja.

“Alasannya, Biologi lebih mudah dihafal dibanding Fisika dan Kimia. Sedangkan Sosiologi mudah diingat karena berkaitan dengan kegiatan sosial sehingga lebih mudah dipahami. Kami mengarahkan siswa agar tidak membedakan mapel, mereka harus menyiapkan semua materi. Maka dalam pengayaan mendapat perlakukan yang sama. Jika ada mapel yang kurang disukai siswa, maka langsung kita lakukan latihan dan bimbingan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Panitia UN SMAN 4 Kendari, Suradin Daaba,M.Pd., menambahkan, pihaknya sudah mengarahkan siswa sesuai pilihannya masing-masing. Dari 560 peserta UN-nya terdistribusi pada pilihan yang berbeda, baik itu jurusan IPA, IPS dan Bahasa. Alhasil, pilihan itu nampak bervariasi hampir tak ada mapel yang lebih dominan.

“Sebenarnya, kami mengarahkan agar mapel yang dipilih disesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih di PT. Jadi persiapannya sekali jalan, dipersiapkan untuk UN sekaligus untuk masuk PT. Akan tetapi, itu bukan harga mati sehingga kembali diserahkan pada pilihan pesertas ebab belum tentu mereka lolos sesuai pilihannya saat masuk PT nantinya,” bebernya.

Dia mengungkapkan, tak ada alasan siswa menyukai salah satu mapel sebab kemampuan mereka pun berbeda. Misalnya, ada siswa yang suka Biologi dan ada juga siswa yang lebih suka Kimia atau Fisika. “Kalau kita melihat, tak ada mapel yang lebih banyak dipilih, kalau pun ada selisihnya cuman sedikit saja,” tandasnya. (ISMI)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top