Simak, Ketua KPU Sultra Beri Tips Pemilih Cerdas di Diskusi Kendari Pos – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Simak, Ketua KPU Sultra Beri Tips Pemilih Cerdas di Diskusi Kendari Pos

Suasana diskusi publik pilkada cerdas 2017

Suasana diskusi publik pilkada cerdas 2017

KENDARIPOS,CO.OD,KENDARIKendari Pos menggelar diskuci publik Pilkada Cerdas 2017 di Graha Pena Kendari Pos, Sabtu (4/2). Diskusi menghadirkan Ketua KPU Sultra, Hidayatullah,  pihak Panwas Sultra, dan dua pakar politik asal UHO, Najib Husen dan Eka Suaib.

Ketua KPUD Sultra, Hidayatullah menegatakan, bicara Pilkada Cerdas berarti bicara semua aspek, mulai dari penyelenggara, pengawas, konstentan, pemilih, dan aparat penyelenggara negara, termasuk pihak keamanan.

“Penyelenggara juva harus juga harus cerdas. Bukan hanya bisa menyelenggarakan agar Pilkada berlangsung sesuai tahapan, tetapi juga netral,” kata Dayat ketika tampil sebagai panelis pertama.

Dengan kecerdasan semua komponen, maka Pilkada yang langsung, umum, bebas, jujur dan adil (Luber dan Jurdil) akan tercipta. Dengan begitu, bisa menghasilkan kepala daerah yang ideal sesuai harapan rakyat.

“Di Kota Kendari, saya liat ujaran kebencian begitu marak, menghina dan isi SARA sering kita liat di media sosial. Padahal itu bukan budaya kita. Demikian juga money politik harus dihindari. Inilah menjadi tanggung jawab kita semua, baik penyelenggara pilkada, aparat, peserta, media massa dan pemilih,” kata Hidayatullah.

Bagaimana agar pilkada cerdas terwujud? Ini beberapa  tips Hidayatullah, yakni pemilih harus mengenal calon, mengenal visi misi, mewaspadai money politik, mewaspadai isu SARA dan ujaran kebencian. “Saat ini orang tak bisa dipaksa memilih, tapi konsewensinya anda harus menerima resiko bila yang terpilih nantinya tidak bisa mengemban amanah sesuai harapan,” kata Hidatullah. (Sawal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top