Masuk DPO, 2 ‘Raja Emas’ Bombana Dicekal – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Masuk DPO, 2 ‘Raja Emas’ Bombana Dicekal

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Dua mantan petinggi PT Panca Logam Makmur (PLM), RJ. Soehandoyo dan Tommy Jingga sudah ditetapkan sebagai tersangka sejak akhir tahun 2016 lalu. Sayangnya, hingga kini penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra belum juga dapat mendeteksi keberadaan kedua bekas direktur perusahaan tambang emas itu.

emaaaasss   emaaaasssss2 okBantuan tim Adhayaksa Monitoring Center (AMC) dari Kejaksaan Agung pun tak membuahkan hasil. Atas pertimbangan tersebut, pihak Kejati Sultra pun menerbitkan surat Daftar Pencarian Orang (DPO) pada Soehandoyo dan Tommy Jingga.

Tak hanya itu, jaksa juga melakukan pencekalan ke luar negeri dan meminta bantuan pihak Imigrasi untuk memantau. “Betul kami sudah layangkan pencekalan,” kata Kasipenkum Kejati Sultra, Janes Mamangkey, Rabu (1/2). Sebelumnya, Kepala Kejati Sultra, Sugeng Djoko Sugeng Susilo, MH juga sudah membenarkan status pencekalan dan DPO pada kedua tersangka.

“AMC juga masih sementara melakukan pendeteksian dengan menggunakan sistem IT. Jika sudah terpantau, AMC langsung menyerahkan wewenang pada Kejati untuk menangkap keduanya. Pengajuan pencekalan dilakukan beberapa hari lalu. Prosesnya langsung diajukan ke Imigrasi Pusat,” timpal Janes. Dalam proses ini, Bidang Intelijen Kejati yang telah mengirim surat DPO dan juga surat pencekalan tersebut.

Kasus yang menyeret Soehandoyo dan Tommy Jingga sudah diusut sejak medio 2016 lalu. Beberapa tersangka lainnya sudah lebih dulu ditahan karena dianggap turut bertanggungjawab dalam dugaan korupsi tunggakan dana royalti dan manipulasi data produksi hasil tambang emas di Bombana tahun 2012 hingga 2015 yang merugikan keuangan negara hingga belasan miliar rupiah. (b/ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top