Akreditasi RSUD Bahteramas Raih Predikat Paripurna – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Metro Kendari

Akreditasi RSUD Bahteramas Raih Predikat Paripurna

Gubernur Sultra didampingi Dirut RSUD Bahteramas, Yusup Hamra meninjau kondisi RSUD Bahteramas, Rabu (1/2).

Gubernur Sultra, H Nur Alam didampingi Dirut RSUD Bahteramas, Yusup Hamra meninjau kondisi RSUD Bahteramas, Rabu (1/2).

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI-Gubernur Sultra, H. Nur Alam patut berbangga. Keinginannya membangun fasilitas kesehatan yang lebih representatif secara perlahan mulai terwujud. RSUD Bahteramas yang sebelumnya kerap mendapat cibiran, ternyata mampu menunjukan prestasi. Hasil penilaian Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), menempatkan RS plat merah ini meraih predikat tertinggi. RSUD Sultra berhasil meraih predikat paripurna versi 2012 tipe B pendidikan.

“Kerja keras segenap manajemen dan karyawan RSUD Bahtermas akhirnya membuahkan hasil. Pengumuman KARS melalui websitenya, RSUD Bahteramas dinyatakan lulus sertifikasi. Yang patut membanggakan, kita meriah predikat tertinggi. Dari 4 kategori kelulusan, kita meraih bintang 5 atau paripurna,” beber dr. Yusuf Hamra, Sp.PD, Direktur RSUD Bahteramas, Rabu (1/2).

Untuk meraih predikat pratama kata dokter spesialis penyakit dalam ini, tidak mudah. Pasalnya, 15 poin pelayanan harus memenuhi syarat. Seperti akses dan kontinyuitas, hak keluarga pasien, asesmen, pelayanan anastesi, kualifikasi pendidikan, sasaran keselamatan, tata kelola, manajemen komunikasi hingga MDG’S. Bila hanya meraih empat poin, maka berpredikat pratama. Jika 6 poin dan 8 poin, pada level madya dan utama.

Meskipun telah mendapat pengakuan, mantan Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan ini meminta manajemen dan karyawan RS tidak jumawa. Menurutnya, raihan predikat tertinggi ini sewaktu-waktu bisa dicabut. Apalagi setiap tiga tahun sekali, penilaian ini akan dievaluasi. Makanya, segenap karyawan untuk terus meningkatkan pelayanan. Di sisi lain, pihak manajemen akan terus berupaya melengkapi fasilitas pelayanan dan peningkatan SDM.

“Masih banyak hal yang perlu dibenahi. Kami pun tidak bisa memungkiri, masih ada keluhan pasien. Namun begitu, kami tetap berupaya memberi pelayanan maksimal. Hanya saja, saya meminta masyarakat lebih paham posisi RS ini. RSUD Bahteramas adalah fasilitas kesehatan (Faskes III). Jadi hanya melayani pasien yang tidak bisa ditangani Faskes I dan II. Misalnya, kasus pasien bersalin. Kalau normal, itu tugas Faskes I atau II. Kalau sudah sampai sulit melahirkan, baru dirujuk. Makanya, pasien bersalin normal akan dipungut biaya,” jelasnya.

Gubernur Sultra, H. Nur Alam mengapresiasi capaian yang diraih RSUD Bahteramas. Ia menganggap, raihan tersebut bisa menjadi pembuktian bahwa ada komitmen besar RSUD melakukan pembenahan. Tudingan dan kritikan negatif selama ini akhirnya bisa dijawab. Makanya, mantan Ketua KONI Sultra ini berharap hasil penilaian KARS bisa dipertahankan. Terutama dalam peningkatan pelayanan. “Buktikan, kualitas pelayanan RSUD Bahteramas yang telah lulus sertifikasi kategori paripurna. Kami ingin pelayanan betul-betul diperhatikan. Kalau perlu kesampingkan keuntungan untuk kepuasan pelayanan para pasien. Semua harus berawal dari komitmen karyawan dan tenaga medis dalam memberi pelayanan. Jadi jangan berpuas dulu. Justru capaian ini bisa menambah atau memacu motivasi mempertahankan akreditasi tertinggi,” imbau gubernur, Rabu (1/2). (mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top