Jenderal Gatot Ingatkan Kontingen Garuda Tak Selundupkan Senjata – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Nasional

Jenderal Gatot Ingatkan Kontingen Garuda Tak Selundupkan Senjata

Gatot Nurmantyo. Foto: dok/JPNN.com

Gatot Nurmantyo. Foto: dok/JPNN.com

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mewanti-wanti kepada anak buahnya yang ditugaskan di mancanegara agar tidak melakukan tindakan ilegal.

Pernyataan Gatot itu sebagai respons atas kabar tentang pasukan penjaga perdamaian asal Indonesia yang ditangkap di Bandara El-Fasher di Darfur, Sudan karena diduga menyelundupkan senjata dan amunisi.

Gatot memerintahkan personel TNI yang dikirim ke luar negeri tidak melakukan tindakan ilegal, termasuk membawa barang-barang terlarang dari daerah penugasan. “Itu tindakan yang tidak dapat ditolelir,” ujar Gatot di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (24/1) saat melepas 175 Prajurit Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-N/Monusco yang akan dikirim ke Republik Demokratik Kongo.

Menurut Gatot, anggota TNI yang menjadi pasukan penjaga perdamaian di luar negeri tidak boleh membuat malu institusi ataupun bangsa dan negara. Sebab, hal itu akan merusak citra yang selama ini sudah terbangun dengan baik.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menegaskan, keberhasilan pelaksanaan tugas sangat menentukan citra dan prestasi, serta keberlanjutan misi-misi perdamaian Indonesia di masa depan. “Beberapa kali terjadi kejadian yang mencoreng nama Indonesia,” katanya.

Sebelumnya otoritas di Darfur Utara, Sudan menangkap anggota Polri yang tergabung dalam Satgas Garuda Bhayangkara di Bandara El-Fasher, Jumat (20/1) karena diduga hendak menyelundupkan senjata saat meninggalkan negara yang sarat konflik itu. Mereka merupakan bagian dari Formed Police Unit (FPU) United Nations Mission in Darfur (UNAMID).(cr2/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top