Izin Terbit, Bandara Sugimanuru Dioperasikan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Muna Barat

Izin Terbit, Bandara Sugimanuru Dioperasikan

Pj Bupati Muna Barat, Rony Yacob Laute

Pj Bupati Muna Barat, Rony Yacob Laute

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIKeinginan masyarakat Muna dan Muna Barat melihat pesawat Garuda dan Lion Air terbang dari Bandara Sugimanuru bakal segera terealisasi. Sudah ada kesepakatan (MoU) antara Pemda dan pihak maskapai. Bahkan rencananya, Februari mendatang kedua maskapai sudah akan beroperasi di bandara yang terletak di Kecamatan Kusambi tersebut.

Rencananya, rute penerbangannya adalah pulang pergi (PP) Makassar-Mubar dan Mubar-Makassar serta Mubar-Kendari. Kadis Perbungan Muna Barat, Laode Hanafi mengakui kalau sudah ada kesepakatan antara Pemda dan pihak maskapai. Hanya saja, bulan ini belum bisa beroperasi karena kedua perusahaan maskapai lagi proses administrasi.

“Pihak Garuda Airlines dan Lino Air sementara dalam pengurusan izin penerbangan. Setelah itu, Dirjen Perhubungan Udara akan turun meninjau lapangan. Kalau disetujui, Februari sudah bisa dioperasikan,” ungkap Laode Hanafi, kemarin.

Bandara Sugimanuru panjangnya sekira 1.600 meter. Lebar 30 meter. Rencananya bakal didarati dua pesawat dengan kapasitas penumpang 72 set setiap hari. “Jika tak ada aral melintang, Bandara Sugimanuru ini akan diresmikan Februari,” ujarnya.

Kalau jadi, maka bandara di Sultra bertambah. Saat ini telah memiliki lima Bandara udara penunjang. Masing-masing Bandara Halu Oleo di Kabupaten Konawe Selatan, Bandara Sangia Bandera di Kolaka, Bandara Betoambari di Kota Baubau dan Bandara Matahora di Wakatobi.

Pj Bupati Muna Barat, Dr Rony Yakob membenarkan hal tersebut. Menurutnya dalam waktu dekat, Bandara Sugimanuru akan dioperasikan. Saat ini tinggal dilengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan. “Bandara Sugimanuru siap dioperasikan. Tinggal menunggu izin dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI saja,” imbuhnya. (yaf)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top