Gubernur Ubah Jam Kerja PNS di Hari Jumat: Wajib Salat Subuh, Pulang Pukul 13.00 Wita – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Gubernur Ubah Jam Kerja PNS di Hari Jumat: Wajib Salat Subuh, Pulang Pukul 13.00 Wita

PNS Pemprov setiap hari Jumat melakukan salat subuh berjamaah di Masjid Agung Alkautsar.

PNS Pemprov setiap hari Jumat melakukan salat subuh berjamaah di Masjid Agung Alkautsar. Foto: Dinas Infokom Sultra

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIJam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemprov Sultra resmi berubah. Perubahan aktivitas perkantoran pada hari Jumat ini lebih cepat dari rencana sebelumnya yakni pekan depan. Terhitung mulai tanggal 20 Januari kemarin, PNS bisa pulang lebih awal. Sesuai Surat Keputusan (SK) Sekretaris Provinsi (Sekprov), H Lukman Abunawas nomor 061-1/390, jam kerja kantor hari jumat akan dimulai pukul 04.00 sampai 13.00 Wita.

Berhubung jam kantor dimulai pukul 04.00 Wita, Pemprov menghapus waktu apel pagi. Begitupun dengan kegiatan apel sore. Usai pelaksanaan salat Jumat, PNS sudah pulang kantor. Untuk jam pertama akan diisi dengan salat subuh berjamaah di Masjid Agung Alkautsar hingga pukul 06.00 Wita. Jam kedua akan dimulai pukul 07.30 hingga 13.00 Wita. Jam istirahat yang sebelumnya pukul 11.30 sampai 13.00 Wita dipindahkan pada pukul 06.00 hingga 07.30 Wita. “Merujuk Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 4 tahun 2017 tentang perubahan atas Pergub nomor 74 tahun 2014 tentang peningkatan disiplin PNS, maka ada beberapa poin yang harus disesuaikan. Salah satunya, menyangkut jam kerja pegawai. Sebagaimana dengan adanya kewajiban salat subuh berjamaah, maka pemerintah menggeser jam kedua hari Jumat dialihkan pada pukul 04.00 sampai 06.00 Wita. Makanya, mulai Jumat ini (kemarin) pegawai pulang pukul 13.00 Wita,” beber H Muhammad Arfah, Kepala Biro Kesra Setprov Sultra, Jumat (20/1).

BACA JUGA :  Jamah Subuh Berkurang, Gubernur Perintahkan Potong TPP Sepekan

Dalam surat yang ditandatangani Sekprov Sultra tanggal 19 Januari sambung Camat Konda ini, ada 3 poin yang ditegaskan. Pertama menyangkut perubahan jam kerja hari jumat yang terhitung tanggal 20 Januari. Kedua mengenai pelaksanaan kegiatan apel pagi dan sore yang berisi beberapa poin. Yakni, kewajiban melaksanakan salat subuh berjamaah hanya bagi PNS pria beragama Islam. Bagi PNS yang beragama Nasrani dan Hindu kata mantan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sultra ini, belum diatur. Dalam surat itu, mereka hanya diminta menyesuaikan saja. Begitupun dengan PNS wanita yang beragama Islam. Mereka tidak diwajibkan, namun bila ingin hadir tetap diperkenankan.

BACA JUGA :  Jamah Subuh Berkurang, Gubernur Perintahkan Potong TPP Sepekan

“Karena tidak ada apel pagi, aktivitas kantor akan dimulai dengan senam kesegaran jasmani pukul 07.30 Wita. Pelaksanaannya dimasing-masing instansi. Khusus di Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra dilakukan secara bersama-sama. Terakhir, pemerintah mewajibkan PNS yang mengikuti salat subuh menggunakan busana muslim atau muslimah,” jelas mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konawe Selatan (Konsel). (mal)

BACA JUGA :  Jamah Subuh Berkurang, Gubernur Perintahkan Potong TPP Sepekan

*Peraturan Gubernur Nomor 4 tahun 2017

Perubahan Jam Kerja PNS Pemprov Dihari Jumat :
Pukul 04.00-06.00 : Salat subuh berjamaah di Masjid Agung Alkautsar
Pukul 06.00-07.30 : Istirahat (Sebelumnya Pukul 11.30-13.30)
Pukul 07.30-13.00 : Waktu Kerja di Instansi Masing-masing

 

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top