Saksi Ungkap Kinerja PT PWU Jauh Membaik Setelah Dahlan Dirut – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Saksi Ungkap Kinerja PT PWU Jauh Membaik Setelah Dahlan Dirut

Dahlan Iskan saat mengukuti sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (16/1). (DHIMAS GINANJAR / JAWA POS)

Dahlan Iskan saat mengukuti sidang di Pengadilan Tipikor Surabaya, Senin (16/1). (DHIMAS GINANJAR / JAWA POS)

kendaripos.fajar.co.id,SURABAYA—Banyak kesaksian menarik saat lanjutan sidang dengan terdakwa Dahlan Iskan digelar Selasa (17/1), di pengadilan Tipikor Surabaya. Lima saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) kompak menyebut tangan dingin Dahlan berhasil membuat PT Panca Wira Usaha (PWU) menjadi jauh lebih maju. Termasuk, kesejahteraan mereka.

Itu terungkap saat pengacara Dahlan, Mursyid Murdiantoro bertanya soal kondisi PWU di awal berdiri pada 1999. Dalam persidangan, mantan staf bagian umum unit persewaan yang bernama Suhadi menyebut kondisi perusahaan sangat buruk. “Hidup segan, mati tak mau. Ada keterlambatan gaji juga,” ujarnya.

Kondisi itu terjadi karena bisnis perusahaan yang merupakan leburan dari lima perusahaan daerah itu sangat jelek. Penjualan dari berbagai perusahaan milik PWU disebutnya sangat rendah. Akibatnya, perusahaan disebutnya tidak mampu memberikan setoran ke APBD.

Nah, kondisi buruk itu perlahan berubah. Kinerja PWU menjadi lebih baik setelah Dahlan Iskan menjadi direktur utama. Hak karyawan untuk mendapatkan hak rutin setiap bulannya juga tidak lagi pernah terganggu. “Tidak ada lagi keterlambatan gaji,” imbuhnya.

Suhadi juga tidak ragu mengakui adanya peningkatan performa perusahaan yang positif. Strategi menjual aset yang tidak produktif, dan membeli aset lain yang lebih baik ternyata moncer. “Paska 2004, kondisi mulai membaik,” tambah saksi Budi Rahardjo, mantan staf keuangan PWU.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, selama Dahlan menjabat dia tidak pernah diintervensi terkait keuangan perusahaan. Kata dia, PWU justru banyak terbantu oleh Dahlan. Seperti saat Dahlan memberikan personal guarantee supaya PWU mendapat pinjaman bank.

“Bank tidak percaya karena PWU banyak utang,” katanya. Begitu juga saat akan membangun Jatim Expo, Dahlan juga memberikan personal guarantee. Sampai sekarang, Jatim Expo menjadi saksi suksesnya Dahlan menangani PWU. (dim/jpg)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top