19 Kios di Pasar Wameo Porak-poranda Diterjang Angin Kencang – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

19 Kios di Pasar Wameo Porak-poranda Diterjang Angin Kencang

kendaripos.fajar.co.id BAUBAU- Sebanyak 19 kios milik pedagang di Pasar Wameo, Kota Baubau porak-poranda usai diterjang angin kencang, minggu malam (15/1). Seluruh atap dan dinding ambruk, hampir rata dengan tanah.

Peristiwa naas itu terjadi sekira pukul 23.00 Wita. Meski tidak berlangsung lama, namun angin kencang yang disertai hujan lebat membuat bangunan semi permanen itu rusak parah. “Tercatat, ada 19 kios yang ada di Pasar Wameo mengalami kerusakan. Atap dan dinding gedung ambruk setelah diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Kejadian berlangsung sekira tiga jam,” kata H. Abdul Majid, salah satu pemilik kios saat ditemui disela-sela kesibukanya membersihkan reruntuhan bangunan kios miliknya, Senin (16/1).

Beruntung lanjut dia, peristiwa naas tersebut terjadi dimalam hari, saat suasana pasar dalam kondisi tidak ada aktivitas pedagang dan pembeli. Sehingga, tidak ada korban jiwa. “Seluruh kios sudah tutup. Tidak ada lagi aktivitas jual beli. Semua pedagang telah pulang kerumah masing-masing. Sehingga, alhamdulilah satupun tidak ada korban jiwa. Tetapi, kerugian ditaksirkan sekira ratusan juta,” jelasnya.

Menurut dia, para pedagang sama sekali tidak mengira banguan tersebut bakal roboh. Sebab, bangunan kios yang mereka gunakan tersebut masih terbilang baru dibanding beberapa gedung lainya. Sekiranya, pemanfaatanya baru terhitung dua tahun, pasca dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2015.

“Kita juga heran dan kaget kalau kios yang kami tempati ambruk karena terpaan hujan dan angin. Saya sendiri yang mendapat informasi tadi subuh, tidak percaya. Sebab gedung ini masi baru. Tetapi, pas saya turun ke sini (pasar, red) teryata benar. Mungkin konstruksi bangunannya tidak sesuai standar saat dikerjakan dulu,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya berharap agar secepatnya ada solusi dari pemerintah. Supaya pedagang yang kiosnya rusak bisa kembali beraktivitas. “Mudah-mudahan ada solusi cepat dari pemerintah. Kita jangan dibiarkan seperti ini,” katanya.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdaggang Kota Baubau, Amrin Taone mengatakan pihaknya telah meninjau kios para pedagang. Hasilnya, dari 19 kios yang diterpa angin kencang, hanya 14 mengalami rusak parah. “Jadi, ada beberapa kios yang masih bisa digunakan. Sementara 14 kiosnya lagi, dalam kondisi rusak berat dan tidak bisa difungsikan. Sehingga, mereka yang kiosnya rusak parah tersebut akan kita pindahkan ke gedung baru untuk sementara. Sembari menunggu kotraktor pembuat gedung tersebut melakukan perbaikan,” ucapnya.

“Kalau secara aturan, gedung baru Pasar Wameo yang telah dibangun saat ini belum bisa digunakan. Sebab, belum diresmikan. Tetapi, karena semuai ini bersifat emergency, maka saya kira tidak ada masalah. Sambil menunggu kotraktor memperbaiki kembali kios yang rusak agar bisa kembali difungsikan,” imbuh Mantan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau itu. (b/ahi)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top