Antam Dukung Sekolah Raih Adiwiyata – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Antam Dukung Sekolah Raih Adiwiyata

IMG_4398

General Manager PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono bersama Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Djayadin melakukan penanaman pohon di SDS 1 Antam Kolaka.

kendaripos.fajar.co.id,KOLAKA—Komitmen PT Antam UBPN Sultra membangun daerah diberbagai sektor terus terjaga. Salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan lingkungan, perusahaan plat merah ini membantu sekolah di sekitar wilayah operasional perusahan menjadi indah, bersih, dan sehat.

Salah satu sekolah yang mendapat dukungan itu adalah SDS 1 Antam yang pada Sabtu (14/1) lalu mendapat piagam penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten dari Pemda Kolaka. Piagam tersebut diberikan langsung Wakil Bupati Kolaka, H Muhammad Jayadin kepada Kepala SDS 1 Antam Pomalaa, Wana.

Wana mengatakan, predikat sekolah Adiwiyata yang didapatkan oleh SDS 1 Antam tidak lepas dari peranan Antam yang terus melakukan pendampingan serta memberikan bantuan pendanaan melalui program Community Social Responsibility (CSR).

“Penghargaan ini merupakan hasil dari proses yang kami lakukan bersama PT Antam sejak awal Februari 2016. Kami sering melakukan kunjungan ke sekolah yang pernah meraih predikat adiwiyata. Seperti SD Kemala Bhayangkara di Kalimantan yang pernah meraih Adiwiyata nasional tahun 2015 lalu. Selain itu, kami juga pernah mengadakan bimtek dengan mendatangkan mentor dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Itu semua merupakan bantuan Antam. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada pihak Antam yang telah membantu SDS 1 Antam meraih predikat sekolah adiwiyata,” bebernya.

Ketua Tim Penilai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Kolaka, Akbar mengatakan, penilaian yang dimulai sejak November 2016 lalu telah dilakukan terhadap tiga sekolah. Hasilnya, SDS Antam berhasil mendapatkan nilai tertinggi. “Dari tiga sekolah yang mengikuti program ini, SDS Antam mendapat skor tertinggi dengan nilai 65. Sedangkan dua sekolah lainnya yaitu SDN 2 Lamokato hanya meraih nilai 63 dan SDN 3 Lamokato dengan nilai 60,” jelasnya.

General Manager PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono menjelaskan, program sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program KLH yang bertujuan untuk mengajarkan anak sekolah cara melestarikan lingkungan. “Jadi dengan adanya program ini, maka diharapkan anak-anak dapat mengatahui pentingnya kelestarian lingkungan. Sehingga kedepannya, mereka tidak merusak lingkungan dan tahu bagaimana cara melestarikannya,” terangnya.

Kata Tri, kesadaran lingkungan harus dibangun sejak mulai anak-anak. Untuk itu, ia berharap, agar apa yang telah dilakukan SDS I Antam untuk meraih piagam sekolah adiwiyata diharapkan dapat motivasi bagi sekolah lainnya. “Kami berharap, semua sekolah-sekolah bisa menanamkan kepedulian lingkungan kepada siswa dan kami juga akan selalu mendukung program itu,” tukasnya.

Tri menambahkan, Antam sendiri memiliki program yang sejalan kelestarian lingkungan yaitu pertambangan yang berkelanjutan. Dimana dalam proses pertambangan, Antam selalu memperhatikan kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasional perusahan. Selain itu, kata dia, internal Antam sendiri sudah menerapkan manajemen lingkungan dengan menganut kaidah-kaidah perlakukan lingkungan yang baik seperti reklamasi lahan pasca tambang.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kolaka, H Muhammad Jayadin mengatakan, SDS 1 Antam merupakan sekolah yang pertama di Kabupaten Kolaka yang mendapatkan predikat sekolah Adiwiyata. Ia berharap agar predikat itu dapat ditingkatkan sehingga mencapai predikat sekolah Adiwiyata nasional. “Kami ucapkan terimakasih kepada Antam yang sudah membantu SDS 1 Antam mendapatkan predikat adiwiyata. Kami berharap, sekolah ini bisa meraih adiwiyata nasional. Olehnya itu, kami juga dari Pemda Kolaka akan memberikan dukungan terhadap pencapaian target predikat sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Sebab, predikat itu juga akan membawa nama baik Kabupaten Kolaka di kancah nasional,” ungkapnya.

Dalam acara pemberian penghargaan sekolah Adiwiyata itu juga dirangkaikan dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar di SDS 1 Antam Pomalaa yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kolaka, H Muhammad Jayadin bersama Kepala BLHK Kolaka Bakri Balusu beserta jajaran management PT Antam UBPN Sultra. (fad)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top