Kenalan di Facebook, Pacaran dengan Pria Mengaku Perwira, Rp 70 Juta Milik PNS Melayang – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Kenalan di Facebook, Pacaran dengan Pria Mengaku Perwira, Rp 70 Juta Milik PNS Melayang

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Mar, tertipu. Bermimpi akan menikah dengan seorang pria berpangkat komisaris polisi (Kompol), wanita berusia 45 tahun itu justru harus kehilangan uang hingga puluhan juta rupiah. Kisah itu bermula saat Mar berkenalan dengan seorang pria yang mengaku bernama Suhartono di jejaring sosial facebook. Suhartono yang mengaku perwira polisi dan bertugas di Polda Sumatera Utara itu mampu memikat hati warga Jalan Mekar Damai, Kelurahan Kadia, Kota Kendari tersebut.

Kronologi aksi penipuan yang dialami wanita berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu bermula saat mereka berkenalan Oktober 2016 lalu. “Setelah kenalan di facebook, mereka sudah saling bertukaran nomor handphone dan sering SMS, chat serta video call,” ungkap Kasubbid PID Humas Polda Sultra, Kompol Dolfi Kumaseh, Kamis (12/1). Dalam perjalanan waktu, Suhartono lalu mengaku pada korban akan mengurus mutasi dari Polda Sumut ke Sultra agar mereka dapat lebih dekat. Suhartono lalu meminta uang pada korban sebesar Rp 20 juta. Tak berpikir panjang, korban kemudian mengirimkan uang tersebut pada kekasihnya.

Setelah beberapa hari kemudian, pelaku kembali meminta uang pada Mar dengan alasan, untuk pengurusan surat mutasi tersebut harus menyetor Rp 70 juta pada institusinya. “Korban akhirnya mengirimkan uang tersebut secara bertahap hingga mencapai nominal yang diminta pelaku,” sambung Dolfi. Setelah menerima seluruh uang tersebut, Suhartono kemudian berjanji jika perpindahan tugasnya akan terealisasi 1 Januari 2017.
Setelah waktu yang dijanjikan, Suhartono ternyata tak juga berada di Kendari. Mar pun mulai curiga dengan perubahan sikap pria itu. Suhartono bahkan sempat meminta lagi uang sebesar Rp 10 juta, namun tak dipenuhi wanita tersebut.

Merasa telah tertipu, Mar lalu melaporkan peristiwa yang dialaminya ke Polda Sultra. “Laporan sudah kami terima dengan nomor: LP/18/I/2017/SPKT POLDA SULTRA. Kasus tersebut akan kami tindak lanjuti dan melakukan pengembangan. Kami juga akan memastikan apakah terlapor tersebut benar-benar anggota atau hanya berpura-pura mengaku sebagai polisi,” janji mantan Kapoksek Rate-rate itu. (kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top