Subsidi Dicabut, Ferry Rute Amolengo-Labuan Dialihkan Layani Kamaru-Wanci – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Buton Utara

Subsidi Dicabut, Ferry Rute Amolengo-Labuan Dialihkan Layani Kamaru-Wanci

kendaripos.fajar.co.id BURANGA-KMP Ferry Bahteramas II yang biasanya melayani rute Amolengo-Labuan resmi dialihkan. Kapal dengan kapasitas mampu menampung 33 mobil satu kali beroperasi itu,  kini dialihkan melayani Wakatobi-Kamaru (Kabupaten Buton). Sedangkan, KMP Ariwangan yang biasanya melayani Wakatobi-Kamaru didatangkan untuk  melayani rute Amolengo-Labuan dengan kapasitas lebih kecil hanya mampu menampung  20 kendaraan roda empat.

Muh Hanafi

Muh Hanafi

Plt Kadis Perhubungan Butur, Muh  Hanafi menuturkan, pengalihan rute layanan KMP Bahteramas ke Wakatobi-Kamaru merupakan imbas dari pencabutan subsidi oleh pemerintah. Dimana, kata dia, untuk tahun 2017 KMP Bahteramas II tak lagi mendapatkan kucuran subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera untuk membiayai biaya operasionalnya sebesar  Rp 7 miliar seperi tahun sebelumnya.  Sehingga dilahikan ke Kamaru-Wakatobi dengan waktu operasional hanya dua kali dalam sepekan.

BACA JUGA :  Perda Telah Siap, Jadwal Pilkades Butur Belum Ada

“KMP Bahteramas telah resmi dialihkan untuk melayani rute Kamaru-Wakatobi. Sedangkan, Ferry yang melayani Amolengo-Labuan kedatangan KMP Ariwangan dan telah beroperasi  sejak 8 Januari lalu. KMP Ariwangan merupakan Ferry yang sebelumnya melayani Wakatobi-Kamaru,” ujar Muh Hanafi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (10/1).

Hanafi berharap, masyarakat Buton Utara   tidak perlu resah dengan adanya pengalihan tersebut. Karena kapasitas KMP Ariwangan juga tidak mengecewakan mampu menampung 20 unit roda empat dengan waktu jelajah yang sama.

BACA JUGA :  Pendamping Desa Mulai Direkrut

 

Mantan Kabid Kominfo Dishub Sultra itu menambahkan, meski pengalihan armada laut  telah resmi diberlakukan, pihaknya belum mendapatkan surat resmi pemberitahuan dari Dishub Pemprov. “Kapal Ferry lintas kabupaten memang tanggung jawab Pemprov Sultra. Kendati demikian, saya berharap ada pemberitahuan resmi mengingat melintasi Buton Utara,” tandasnya. (Hadrian)

 

Komentar

komentar

BACA JUGA :  Warga Butur Patungan Bangun Panggung Deklarasi Paslon Abu Hasan-Ramadio
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top