KPU Siap Terapkan Aplikasi Situng – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

KPU Siap Terapkan Aplikasi Situng

Staf Informasi Teknologi (IT)  KPU Kota Kendari sedang melakukan simulasi aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), kemarin. Simulasi dilakukan untuk memaksimalkan aplikasi Situng.  Foto: Helson Mandala Putra

Staf Informasi Teknologi (IT) KPU Kota Kendari sedang melakukan simulasi aplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), kemarin. Simulasi dilakukan untuk memaksimalkan aplikasi Situng. Foto: Helson Mandala Putra

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIAplikasi Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) diyakini sebagai akses tercepat mengetahui situasi penghitungan suara di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). KPU Kota Kendari berusaha memaksimalkan penggunaan aplikasi Situng pada pemungutan suara Pilwali 15 Februari.  Aplikasi tersebut sebenarnya sudah pernah digunakan pada Pileg dan Pilpres 2014, namun masih kurang maksimal. Upaya maksimalisasi oleh KPU Kota Kendari dilakukan dengan melakukan simulasi penghitungan suara melalui aplikasi Situng di ruang Informasi Teknologi (IT) KPU, Jumat (6/1) .

Koordinator Divisi Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Kota, Zainal Abidin mengatakan aplikasi tersebut memudahkan masyarakat untuk mengetahui hasil penghitungan suara di seluruh TPS, tanpa harus mendatangi kantor KPU atau PPS setempat.
“Jadi, masyarakat tidak usah bingung mencari hasil perhitungan suara, karena akan diupload di website KPU RI. Tinggal cari di portal KPU RI, provinsi, kota atau kabupaten, kecamatan, kelurahan dan nomor TPS,” ujar Zainal Abidin.

Kata dia, ada dua hal yang menjadi inti dari uji coba aplikasi Situng, yakni pindai dan entry. Nah, sebelum diunggah ke website, KPU harus melakukan entry pada setiap sertifikat hasil penghitungan perolehan suara (Form C1) di TPS, setelah itu dilakukan proses pindai dan langsung diupload. “Entry tidak boleh salah dan harus teliti, karena kalau ada satu huruf saja yang tidak sesuai dengan format, maka sistem akan error dan muncul peringatan. Tapi, kalau informasi yang salah ditulis dengan format yang benar, maka tetap akan terunggah. Jadi, dibutuhkan ketelitian pada proses entry,” terangnya.

Lanjut Zainal, mereka melakukan uji coba pada 40 TPS yang tersebar di 10 kelurahan pada 3 kecamatan. Hasilnya, hanya dalam beberapa menit, semua data sudah selesai terinput dan dipindai. Olehnya itu, dia optimis bisa mempublikasikan hasil perhitungan suara pada 520 TPS nanti. Paling lama tiga hari atau paling cepat satu setelah pencoblosan.

“Aplikasi Situng akan digunakan oleh seluruh KPU yang mengikuti Pilkada serentak, dan saya pastikan untuk Kota Kendari sudah siap mengoperasikan Situng secara maksimal. Kami menempatkan dua orang, satu untuk entry dan satunya untuk pindai. Jadi, bisa cepat selesai, tergantung seberapa cepat juga PPS menyerahkan form C1 ke KPU,” pungkasnya. (helson)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top