Bayi Tak Terurus, Begini Akibatnya…. – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Sulawesi Tenggara

Bayi Tak Terurus, Begini Akibatnya….

kendaripos.fajar.co.id RUMBIA- Bayi gizi buruk ditemukan di Kabupaten Bombana. Lokasinya di lingkungan satu Kelurahan Lameroro yang berjarak sekitar satu kilometer dari kantor Bupati. Indikasi gizi buruk terlihat dari berat badan bayi yang jauh dari angka normal.

img20170106113506

Bayi  6 bulan penderita gizi buruk ini bernama Boy,  anak ke delapan, pasangan Itagi Daeng Mabatte (70-an) dengan Darmawati (40).

Ditemui  di rumahnya, siang tadi (6/1), Darmawati mengatakan, anak kedelapannya itu, lahir normal bulan Juli 2016 lalu. Perempuan yang hanya mengenyam pendidikan kelas 1 Sekolah Dasar ini, mengaku tidak tahu berapa berat anak kedelapannya ketika lahir. Sebab, saat proses persalinannya, dia hanya di bantu dukun, di sekitar tempat tinggalnya.

img20170106113053

Ia pun tak pernah membawa anaknya ke puskesmas atau posyandu sebagaimana bayi bayi lain yang harus mendapatkan imunisasi. Akibatnya kini kondisi Boy sangat memprihatinkan, dimana di sekujur tubuh bagian belakang bayi  itu dipenuhi bintik-bintik merah. Bahkan dibagian belakang kepalanya sudah ada luka dengan lebar sekitar 10 centimeter.

Bidan puskesmas Lameroro  Dahlia, Am.Keb  yang mengetahui kondisi tersebut langsung bergerak cepat ia berupaya membawa  ibu dan anak tersebut ke  Puskesmas Rumbia. Dari hasil diagnosa bintik merah dipunggung bayi itu disebabkan oleh jamur.

 “Bagaimana tidak sakit, anaknya tidak diurus. Jadi biar pakaiannya, sudah kencing tidak dibuka bahkan dibiarkan kering lagi dibadannya. Ini karena ibunya sibuk berkebun dan membiarkan anaknya tidur di pondok,” katanya.

Dahlia menambahkan, berat Boy  hanya 4,5 kilogram, padahal normalnya bayi seusia itu harus mencapai 6 sampai 7 kilogram. Dari sini juga terungkap bahwa, selain asi boy juga kerap diberi susu kental manis cap enak,  air putih campur gula hingga air beras.

Sementara itu, Pj Bupati Bombana Hj Siti Saleha yang mengetahui kondisi tersebut langsung melakukan kunjungan sekaligus memberi bantuan kepada orang tua bayi itu.(Nur)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top