Penggusuran Warga Bugis di Bali Mengusik NKRI – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Penggusuran Warga Bugis di Bali Mengusik NKRI

IST

IST

kendaripos.fajar.co.id, MAKASSAR — Penggusuran di Bali, mengusik NKRI. Mereka yang digusur adalah generasi pewaris suku Bugis. Itu disampaikan Wakil Ketua BPP KKSS, Andi Jamaro Dulung, Rabu (4/1).

Ratusan Tahun yang lalu, kata dia, nenek moyang mereka berjasa mempertahankan Pulau Bali dari serangan musuh. Sebagai imbalan jasa, Raja Tjokorda menghadiahkan lahan berupa pulau, disebut Pulau Serangan. Mereka hidup bahagia, berbaur dengan masyarakat asli Bali.

“Toleransi yang luar biasa saling menghormati. Terutama pada acara keagamaan Islam dan Hindu. Itu berlangsung ratusan tahun,” beber AJD.

Seiring dengan perkembangan zaman, Pulau Serangan sudah menyatu dengan Pulau Bali. Strategis memang. Warga senang dengan kondisi terakhir. Namun, nilai lahan yang strategis ini menjadi incaran pengembang untuk merekayasa bukti kepemilikan.

Muncullah Akte jual beli sertifikat, kemudian berujung pada penggusuran. Hampir tak ada gunanya pembelaan yang dilakukan oleh Keluarga Raja Tjokorda. Situs budaya berupa Rumah Adat Bugis, masjid, dan peradaban lain diratakan dengan tanah.

Menyakitkan, mereka atas nama keserakahan tak peduli harmoni, tak peduli sejarah, tak peduli kemanusiaan, merusak toleransi. NKRI serasa terusik dengan peristiwa ini. “Semoga tidak berdampak kepada saudara-saudar kita Bugis-Makassar yang ada di tempat lain. Juga kepada saudara kita orang Bali yg ada di pulau lain,” harapnya. (rls/sam)

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. Iskandar Zulkarnain Muluk

    5 Jan 17 11:08 at 11:08

    Perlunya pihak BPP KKSS (Pusat) untuk mendampingi saudara kita di Bali, agar masalah ini tidak berkembang dan berdampak dengan masalah SARA di Daerah lain, demi mewujudkan NKRI……..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top