Rp 1,6 M Dana Jamkesda untuk Warga Tak Beruntung – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Rp 1,6 M Dana Jamkesda untuk Warga Tak Beruntung

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Kabar gembira untuk warga kurang mampu di Kota Kendari. Bagi mereka yang masih kesulitan mendapat layanan kesehatan karena masalah biaya, Pemkot sudah menyiapkan bantuan. Melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), warga akan diverifikasi sebagai warga kurang mampu sebagai syarat kelayakan memeroleh layanan tersebut.

stethoscope and money isolated on white background healthcare and finance concepts

Kepala Dinas Kesahatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan masih ada ribuan warga miskin dan tidak terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional di metro ini. Karenanya, salah satu solusi alternatif agar warga itu mendapatkan layanan kesehatan yakni melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda). Makanya tahun ini, Pemkot masih menggelontorkan anggaran untuk pembuatan kartu kesehatan gratis itu.

“Program ini sudah dimulai sejak tahun 2015, karena warga kita yang membutuhkan cukup banyak, sehingga harus dianggarkan setiap tahun,” jelasnya, Selasa (3/1). Tahun ini lanjut dia, DPRD menyetujui alokasi anggaran sebesar Rp 1,6 miliar untuk Jamkesda. Dengan melibatkan pihak kelurahan dan instansi terkait termasuk BPJS kesehatan, Pemkot kini mulai mencari warga sasaran. Itu dimaksudkan agar mereka yang sudah mengantongi kartu BPJS tidak ganda.

“Urusan data memang harus akurat, jadi kita harus melibatkan banyak pihak. Jangan sampai ada yang dobel, sementara masih banyak yang butuh,” terangnya. Beberapa waktu lalu, ratusan warga terdata memiliki kartu Indonesia Sehat yang tidak aktif. Atas instruksi pemerintah mereka sudah melaporkan diri ke BPJS Kesehatan dan pemerintah setempat. “Mereka bisa masuk Jamkesda, hanya saya tidak ingat betul berapa kuota kita tahun ini,” sambungnya.

Di tempat terpisah, Ketua Tim JKN 2016, dr. Putu Agustin Kusumawati mengatakan hingga hari ini sudah ada 10 ribuan warga kota Kendari yang mendapat layanan kesehatan gratis melalui alokasi APBD. “10 ribu warga sudah mendapat kartu Jamkesda. Fungsinya sama dengan BPJS Kesehatan yang ada sekarang, hanya sumber anggarannya saja yang beda,” jelas Kabid UKM dan Gizi Dinkes Kota Kendari itu. (b/ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top