Kapolda Sultra Berganti, Kapolri Lantik Brigjen Pol Andap Hari Ini – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Kapolda Sultra Berganti, Kapolri Lantik Brigjen Pol Andap Hari Ini

kendaripos.fajar.co.id JAKARTA- Brigjen Pol Andap Budhi Revianto resmi menggantikan Brigjen Pol Agung Sabar Santoso sebagai Kapolda Sultra. Serah terima jabatan (Sertijab) bersama sejumlah perwira tinggi (Pati) lainnya akan digelar di Aula Bareskrim Mabes Polri, hari ini (4/1). Sertijab tersebut dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

grafis-sertijab-polda

Hari ini, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan melantik 10 Kapolda. Kapolda Bali, Kapolda Jawa Timur, Kapolda Sumatera Selatan, Kapolda Papua Barat, Kapolda Sulawesi Barat, Kapolda Sulawesi Utara, Kapolda Jawa Barat, Kapolda Sulawesi Selatan, Kapolda Sultra dan Kapolda Nusa Tenggara Timur. Brigjen Pol Agung Sabar Santoso dikukuhkan menjadi Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Brigjen Pol Andap Budhi Revianto sebagai Kapolda Sultra.

Brigjen Pol Agung Sabar Santoso mengarsiteki pola dan strategi penciptaan suasana Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Sulawesi Tenggara sejak 7 September 2015. Selama 480 hari (satu tahun empat bulan) mendedikasikan tenaga dan pikirannya mengawal keamanan masyarakat Bumi Anoa.

Selama kepemimpinannya di Sultra, mantan Direktur Kerjasama Badan Narkotika Nasional itu mempersembahkan karya terbaik untuk Polda Sultra. Salah satunya Kapolda Sultra berhasil menekan angka korupsi di jajaran Polda Sultra, di mana tahun 2016 Polda Sultra menangani kasus korupsi sebanyak 34 kasus. Pria kelahiran 12 Juni 1962 itu mampu mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2015 di tujuh kabupaten di Sultra. Mengawal dengan damai pelaksanaan PSU Muna. Selain itu, mengawali pelaksanaan Pilkada serentak 2017 menjadi Pilkada damai. Tentunya, kerja keras kepemimpinan Agung Sabar Santoso sangatlah banyak.

Andap Budhi Revianto akan meneruskan perjuangan Brigjen Agung Sabar Santoso nantinya. Jenjang karier Andap Budhi Revianto cukup cemerlang. Setelah menjadi Dirreskrimum Polda Sumut pada awal tahun 2016 kemudian dimutasi menjadi Wadirtipiter Polri.

Pantauan Kendari Pos, Aula Utama Bareskrim Polri mulai didekor, kemarin (3/1). Persiapan sertijab telah dimatangkan. Semua kursi telah ditata dengan rapi. “Sekarang hanya gladi, tidak ada pejabat yang ikut. Begitu pula dengan pejabat kepolisian yang akan dilantik,” ungkap seorang anggota Polri yang berjaga di depan aula.
Pergantian Kapolda Sultra dibenarkan oleh Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar. “Besok ada sertijab. Ada juga Kapolda Sultra yang masuk dalam daftar pergantian termasuk beberapa daerah lainnya,” kata Boy Rafli Amar saat dihubungi, kemarin (3/1).

Ia mengatakan pergantian Kapolda adalah hal biasa di sebuah institusi. Apalagi sebagai anggota kepolisian harus menerima ditempatkan di mana saja untuk bertugas. Untuk Kapolda yang akan dilantik, kata dia harus menjaga sinergitas dengan bawahannya. Menuntaskan segala persoalan yang belum sempat diselesaikan oleh pejabat sebelumnya. Menciptakan suasana kondusif pada daerah yang menjadi tempat tugas. “Pada intinya, Kapolda harus bisa menjadi teladan bagi anggotanya dan melindungi masyarakat,” ujar dia.

Usai sertijab, pisah sambut Kapolda baru dan Kapolda lama diagendakan tanggal 9 Januari 2017 di Mapolda Sultra. “Itu jadwal sementara. Mudah-mudahan tidak ada perubahan,” ungkap AKBP Sunarto, Kabid Humas Polda Sultra. (dan/b)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top