Umar Samiun Gugat KPK, Sidang Perdana Hari Ini – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE NEWS

Umar Samiun Gugat KPK, Sidang Perdana Hari Ini

bupati-buton-umar-samiun-sh1

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIDiam-diam Bupati Buton (nonaktif), Samsu Umar Abdul Samiun melakukan perlawanan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tersangka suap sengketa Pilkada Buton 2011 itu mengajukan gugatan praperadilan. Samsu Umar Abdul Samiun mencari keadilan melalui sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan yang akan dilaksanakan, hari ini (Selasa, 3 Januari 2017).

Pihak PN Jakarta Selatan telah menerima permohonan gugatan praperadilan Umar Samiun-sapaan akrab Samsu Umar Abdul Samiun. “Iya, gugatan telah terdaftar dengan register nomor 159/Pid.Prad/2016/PN.Jkt.Sel,” kata I Made Sutrisna, Humas PN Jakarta Selatan melalui pesan singkatnya, kemarin.

BACA JUGA :  SAH! KPK Resmi Tersangkakan Bupati Buton, Umar Samiun

Ia mengatakan sidang perdana praperadilan Bupati Buton akan digelar 3 Januari 2017. Proses persidangan akan dipimpin oleh hakim tunggal Noor Eddyono. Soal daftar saksi yang akan didatangkan oleh penggugat, dia belum mengetahuinya. Jumlah saksi akan diketahui saat proses sidang berjalan. “Kalau sekarang ini kita belum tahu,” ujar dia.

Sementara, Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan KPK sudah beberapa kali menghadapi tersangka dalam sidang praperadilan. Banyak kasus yang ditangani KPK dan tersangka memilih mengajukan praperadilan. Tentunya itu telah menjadi pengalaman dan KPK akan melakukan hal yang sama untuk menghadapi praperadilan ini.

BACA JUGA :  KPK Minta Permohonan Praperadilan Umar Samiun Ditolak

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum siap mengikuti sidang praperadilan Bupati Buton Nonaktif, Samsu Umar Abdul Samiun, hari ini di Pengadilan Negri (PN) Jakarta Selatan. Alasannya, personel lembaga anti rasuah sedang menjalani tugas lain. Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan KPK telah menerima informasi ihwal pengajuan praperadilan Umar Samiun, tersangka suap mantan Ketua Mahkamah Agung, Akil Mochtar terkait sengketa Pilkada Buton 2011. “Informasi yang kami terima benar ada pengajuan praperadilan. Agenda sidang pertama direncanakan 3 Januari 2016,” akunya.

BACA JUGA :  Sidang Praperadilan Umar Samiun vs KPK, Arbab Paproeka "Lindungi" Umar

Namun KPK tidak bisa hadir dalam sidang perdana praperadilan tersebut. Olehnya itu kata dia lembaganya meminta agar pihak pengadilan melakukan penundaan sidang. “Kami menyampaikan permohonan pada PN untuk penundaan sidang,” ujar dia. (dan)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top