Pemilik Jabatan Eselon III dan IV Pemprov Sultra Simak Nih…. – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Sulawesi Tenggara

Pemilik Jabatan Eselon III dan IV Pemprov Sultra Simak Nih….

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Mutasi jabatan lingkup Pemprov Sultra masih terus bergulir. Setelah jabatan eselon II, kini giliran posisi dibawahnya. Sinyal pergeseran jabatan eselon III dan IV kembali diisyaratkan Gubernur Sultra, H Nur Alam. Untuk mengefektikan struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru, mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini menginstruksikan seluruh pimpinan SKPD segera merampungkan struktur susunan jabatan di lembaganya masing-masing.

download

“Saya minta, susunan jabatan pada tiap SKPD segera dikukuhkan. Kalau sudah selesai, segera diajukan ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Dengan begitu, susunan pejabat daerah bisa dirampungkan,” kata Nur Alam, akhir pekan lalu. Pengukuhan pejabat baru pasca pembentukan OPD kata mantan Ketua DPW PAN Sultra ini, harus dirampungkan secepatnya. Apalagi perubahan nomenklatur lembaga berimbas pada perubahan kewenangan karena ada jabatan yang telah hilang atau dikurangi maupun terbentuknya jabatan baru. Terlebih OPD baru ini telah resmi diberlakukan tahun 2017. Sebagai pejabat pelaksana teknis, keberadaan pejabat eselon III dan IV cukup urgen dalam mendongkrak kinerja SKPD.

“Karena tugasnya yang tidak ringan, penunjukan pejabat harus melalui pertimbangan yang matang. Paling tidak, bisa memahami substansi tugasnya. Kalau sudah selesai, bisa kita lantik secepatnya. Apalagi program kerja pemerintah harus segera digenjot,” kata suami anggota DPR RI, Hj. Asnawati Hasan ini. Selain itu, mantan Ketua KONI Sultra berpesan pada pimpinan SKPD untuk bekerja propesional. Tidak hanya menunjuk pejabatnya secara proporsional, namun juga dalam mengelola organisasi. Jangan menggungkan metode “PR dan Rp”. Kalau menyangkut tugas yang berhubungan dengan administrasi diserahkan ke bawahannya. Namun bila berhubungan dengan Rp (Rupiah), dikelola sendiri. Ukuran keberhasilan SKPD tidak hanya menyangkut capaian kinerja, namun mengkader bawahannya.

Sekretaris Baperjakat Sultra, Hj. Nur Endang Abbas mengaku tak mengetahui jadwal pelantikan. Apalagi proses penyusunan jabatan struktural di SKPD belum dirampungkan. Hingga kini, pengajuannya belum sampai ke meja Baperjakat. Namun ia optimis pengukuhan akan segera dilaksanakan. Apalagi gubernur telah menginstruksikan hal itu beberapa waktu lalu. “Kami masih menunggu usulan dari SKPD. Kalau sudah ada pun, kami tidak bisa memastikan sebelum dikonsultasikan ke gubernur. Sebab ini sudah menjadi domain pimpinan daerah. Namun demikian, pengukuhan pejabat eselon III dan IV akan dirampungkan bulan Januari ini,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra ini.

Penataan jabatan dan organisasi kata mantan Sekretaris Bappeda Sultra ini, selaras dengan ditetapkannya Perda OPD. Apalagi penjelasan mengenai tupoksi masing-masing bagian telah diatur lebih rinci dalam Peraturan Gubernur (Pergub). Pembentukan OPD baru turut berimbas pada struktur jabatan. Pasalnya, cukup banyak jabatan yang dihilangkan. Terbanyak di Biro Setda Provinsi. Tercatat 36 jabatan yang hilang. Sebab ada 9 jabatan eselon III yang dihapus, termasuk 27 jabatan eselon IV dibawahnya. (b/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top