SAR Kendari Selamatkan Dua Kapal – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

SAR Kendari Selamatkan Dua Kapal

kendaripos.fajar.co.id Seacrh and rescue (SAR) Kendari menutup tahun 2016 dengan kerja membanggakan. Institusi penolong itu berhasil menyelamatkan dua kapal yang nyaris kecelakaan dalam dua hari terakhir di akhir tahun. Satu adalah kapal nelayan yang terombang ambing dan satu lainnya adala kapal penumpang KM Tiga Putri 02 rute Baus-Binongko, yang kandas di perairan Kompeneone, Wakatobi.

sar-selamatkan_evakuasi-dua-kapal-humas-sar-for-kp-1

Berkat kesigapan SAR Kendari, selain bisa menyelamatkan kapal, juga tidak ada korban jiwa dalam insiden laut itu. Humas Kantor SAR Kendari, Wahyudi, menjelaskan evakuasi pertama dilakukan pada tanggal (29/12) pukul 23.15 Wita. Kala itu, timnya menerima infomrasi tentang adanya melayan bernama Ardan yang pergi melaut mencari ikan di antara tanjung Sorinipa dan Soropia, tapi belum kembali.

Mendapatkan informasi tersebut pihak SAR menggunakan menggunakan rescue car plus satu unit rubber boat menuju tempat kejadian musibah (TKM). Setelah dilakukan pencarian yang cukup lama, akhirnya korban ditemukan tepat pada pukul 13.10 Wita, esokan harinya. Korban yang mencari ikan terombang ambing terbawa arus hingga sampai di bagian Kepulauan Menui, Sulawesi Tengah. Korban mengaku kapalnya mengalami mati mesin. “Setelah kami temukan, langsung kami evakuasi dan pulangkan kepada keluarganya,” tutur Wahyudi.

Sedangkan untuk insiden selanjutnya yang terjadi pada KM Tiga Putri 02, yang membawa 27 penumpang dan tujuh ABKnya awalnya Jumat (30/12) lalu pihak SAR mendapatkan informasi dari Sahlan, nahkoda Kapal, bahwa kapal tersebut sedang kandas di perairan Komponeone, Wakatobi. Mendapatkan informasi itu, SAR Kendari berkordinasi dengan pos SAR Wakatobi untuk melakukan evakuasi. Dengan menggunakan Kapal rigid Inflatable boat (RIB) tim recue langsung menuju TKM untuk melakukan evakuasi. “Jadi kami dapat info pada pukul 06.00 Wita, dan langsung melakukan evakuasi,” ujarnya.

Tepat pukul 8.30 Wita, tim recue berhasil menemukan KM. Tiga Putri 02, yang sedang kandas akibat cuaca yang sangat buruk yang membuat kapal dibawa oleh arus. Setelah menemukan kapal itu, pihak SAR langsung melakukan evakuasi terhadap para penumpang ke pelabuhan Wanci. ” Allhamdulillah, karena cepat mendapatkan informasi dan langsung melakukan evakuasi seluruh penumpang dan ABK kami dapat selamatkan tanpa ada korban jiwa,” tutupnya. (kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top