Realisasi Pajak Kota Kendari Meningkat – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Realisasi Pajak Kota Kendari Meningkat

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Optimisme Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Kendari terjawab. Realisasi Pendapatan Asli Daerah tahun 2016 cukup memuaskan. Apalagi, pada Oktober lalu, Dispenda merupakan salah satu SKPD yang paling disorot dewan karena saat itu pengutipan pajak masih terlampau jauh dari target yakni hanya 60 persen dari target.

kadispenda-nahwa-umar-ok

Setelah bekerja keras diakhir tahun, akhirnya sumber dana pembangunan itu nyaris terkumpul 100 persen. Kepala Dispenda, Nahwa Umar mengatakan realisasi pajak daerah di tahun 2016 jauh lebih meningkat dibanding tahun 2015.

“Naik sekitar Rp 3,5 Miliar dari tahun sebelumnya, kalau triwulan ke tiga memang kelihatan baru sedikit, karena masyarakat kalau merasa masih ada waktu yah masih santai-santai saja, buktinya setelah injuri time dibayar semua,” jelasnya. Estimasi sementara realisasi pajak mencapai 98,88 persen. Target pajaknya yakni Rp 92,5 Miliar. “Yang masuk pajak itu Rp 91, 5 Miliar, tapi ini belum final, karena belum direkap semuanya,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Ir. Asrun mengaku salah satu sektor pajak yang belum maksimal yakni PBB. Namun hal itu dimakluminya, sebab objek pajak itu kebanyakan mereka warga kurang mampu. “Kita tidak punya pilihan lain, karena PBB ini kewajiban UU, kalau kita tidak terapkan berarti kita melanggar,” jelasnya.

Kepada mereka yang mampu tetapi belum sadar pajak, wali kota yang akan segera mengakhiri masa jabatannya tahun ini itu berharap bisa segera memahami fungsi pajak itu. Soal realisasi pajak secara keseluruhan, Asrun mengapresiasi kinerja Dispenda karena sudah banyak membuat terobosan baru selama tahun 2016.(ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top