Wow, Jumlah Pelajar Mendominasi Pasien Rehabilitasi Narkoba – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Hukum & Kriminal

Wow, Jumlah Pelajar Mendominasi Pasien Rehabilitasi Narkoba

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Jumlah pelajar yang doyan bermain-main dengan narkoba sudah cukup banyak di Sultra. Fenomenanya ibarat gunung es, yang nampak dipermukaan hanya sebagian saja. Buktinya, dari 424 pasien rehabilitasi penyalahgunaan zat adiktif itu, 114 orang diantaranya masih berstatus pelejar sekolah menengah. Data itu dirilis oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra, Selasa (27/12) kemarin.

press-release-bnn-by-lmsyhda6

Kepala BNNP Sultra Kombes Pol Fauzan Jamal menjelaskan bahaya narkoba menjadi ancaman bagi seluruh elemen di daerah ini. Salah satunya para penerus bangsa yakni para remaja dan pelajar. Bandar narkoba membidik para pelajar dengan memberikan narkoba secara gratis. Nah, ketika korbannya kecanduan maka akan dimanfaatkan menjadi kurir.

“Bandar tak kehabisan akal untuk mengelabui petugas dalam mengedarkan narkoba. Mereka memanfaatkan pelajar sebagai kurir,” paparnya.

Data BNNP Sultra menunjukkan pasien penyalahgunaan narkoba terdiri dari berbagai latar belakang profesi. Pengangguran atau tidak bekerja sebanyak 96 orang, pelajar 114 orang, mahasiswa 14 orang, karyawan 39 orang, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) 37 orang, oknum TNI dan polisi sebanyak 30 orang dan profesi lainnya mencapai 121 orang.

Kombes Pol Fauzan Jamal mengatakan dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba, pihaknya intens menggelar sosialisasi ke masyarakat. “Dalam penyuluhan kami sampaikan risiko mengonsumsi narkoba. Kami juga melakukan penyuluhan didaerah rawan narkoba untuk mengubah status rawan tersebut menjadi kondusif,” jelasnya.

Perwira dengan tiga melati dipundaknya itu menambahkan jumlah 424 pasien rehabilitasi itu masih jauh dari target 100 ribu pasien.
“Kesadaran masyarakat masih sangat kurang untuk melaporkan diri sebagai pengguna narkoba. Padahal, pengguna yang melaporkan dirinya untuk rehabilitasi tidak akan dihukum atau dipenjara. Kami jamin itu,” tutupnya. (kmr/b)

 

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top