Parkir On Street Resmi Ditetapkan – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Parkir On Street Resmi Ditetapkan

Walikota Kendari, Asrun didemonstrasikan cara kerja alat mobile device untuk mengatur parking on street. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

Walikota Kendari, Asrun didemonstrasikan cara kerja alat mobile device untuk mengatur parking on street. Foto: LM Syuhada/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIKebiasaan menghindari kutipan parkir saat dengan cara menyimpan kendaraan di tepi jalan kini sudah sulit. Pemkot Kendari baru saja memperkenalkan sebuah sistem mengumpulkan pajak dengan metode
on street atau parkir tepi jalan.Memanfaatkan tehnologi modern, Pemkot mengutip pajak dari kendaraan yang menggunakan sisi jalan untuk parkir. Jumat akhir pekan kemarin, di halaman Eks MTQ, Pemkot melauching pengoperasian alat baru itu.

Wali Kota Kendari, Asrun saat meresmikannya mengungkapkan hadirnya e-parking atau parkir elektronik di tepi jalan itu ikut mendorong progres program Smart City bagi Kota Kendari. “Parkir ini kalau dilihat hanya sedikit, Rp 2 ribu untuk motor atau Rp 3 ribu untuk mobil, tapi kalau ini dimaksimalkan dengan sistim elektronik tanpa kebocoran maka parkir ini akan menjadi primadona PAD kita,” jelasnya.

Ia menghimbau Dispenda sebagai leading sektor pengutipan pajak itu agar menyiapkan SDM yang mempuni. “Kiranya operatornya sudah benar-benar dilatih untuk memberikan pelayanan terbaik,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Kendari, Nahwa Umar menuturkan rencana pengadaan parkir tepi jalan itu sudah digagas sejak 2015 lalu. Banyak daerah di Indonesia yang sukses mendongkrak PAD-nya dengan parkir itu. Biaya pengadaan untuk lima unit pun hanya 120 juta lengkap dengan servernya. “Salah satunya itu DKI Jakarta, ternyata alatnya bisa mobail dan kita di Kendari juga cocok,” jelasnya.

Disamping itu, e-parking elektronik juga mendukung transparansi pengelolaan parkir di Kota Lulo ini. “Dibandingkan dengan manual jelas lebih transparan ini, karena jumlahnya tidak bisa dimanipulasi, sistimnya elektronik,” terangnya.

Lebih lanjut, cara kerja mesin parkir on the street dengan menggunakan mobile device kata dia cukup mudah. “Begitu ada mobil parkir akan ada karcis yang diberikan oleh petugas, di dalam sudah tercetak tarif dan waktunya. Saat kita keluar baru dibayar, nah itu servernya kita pasang di kantor Dispenda,” tambahnya.

Terkait jumlah e-parking yang difungsikan sejak kemarin itu, Pemkot baru menyiapkan lima titik. Nantinya, akan ditambah kalau sudah ada lokasi baru yang layak. Untuk saat ini biar saja dulu seputar kantor Wali Kota Kendari hingga Taman Kota dan MTQ, dan nanti bisa sampai ke Paddys Market, ” tandasnya.(ely)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top