MUI Sayangkan Sikap Polda Metro Terkait Pemanggilan Dua Warga Minang – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Nasional

MUI Sayangkan Sikap Polda Metro Terkait Pemanggilan Dua Warga Minang

Suasana Aksi Bela Islam 'Super Damai' di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (2/12). foto : UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS

Suasana Aksi Bela Islam ‘Super Damai’ di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (2/12).
foto : UKON FURKON SUKANDA/INDOPOS

kendaripos.fajar.co.id,PADANG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar menyayangkan adanya pemanggilan terhadap dua orang masyarakat Minangkabau oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Apalagi pemanggilan itu untuk diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan makar dan menyediakan angkutan umum bagi peserta Aksi Damai 212 lalu.

Kedua tokoh itu yakni bos PO NPM Angga Vircansa Chairul dan Wakil Ketua Forum Masyarakat Minang (FMM) Irfianda Abidin.“Saya mengingatkan aparat agar jangan mengait-kaitkan masyarakat ranah Minang yang ikut aksi 212 ke Jakarta dengan makar atau berniat membuat kerusuhan dalam bentuk apapun,” tegas Ketua MUI Sumbar Gusrizal Gazahar yang dilansir Padang Ekspres (Jawa Pos Group), Selasa (27/12).

Untuk diketahui, Angga diperiksa penyidik Polda Metro Jaya terkait penyewaan bus NPM ke Jakarta dalam rangka Aksi Bela Islam III pada 2 Desember lalu.

Sementara Irfianda diperiksa sebagai saksi atas tersangka makar, Mayjen (purn) Kivlan Zen.

Keduanya akan diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya pada Rabu (28/12) dan Kamis (29/12).

Gusrizal menambahkan bahwa Aksi Bela Islam III jelas-jelas simbol kebersamaan dan semangat untuk mempertahankan keutuhan bangsa Indonesia.

“MUI tidak ikut terlibat menggerakkan apalagi menghimpun massa, tapi bukan berarti MUI menutup mata saja,” tutur Gusrizal.

Gusrizal mengatakan, berdasarkan pantauan dan analisa MUI menghubung-hubungkan kehadiran masyarakat ranah Minang dalam aksi 212 dengan makar terlalu memaksakan. “Saya melihat ini terlalu dipaksakan. Kami tidak pernah berniat untuk makar,” tegasnya.  (cr18/e/iil/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top