Ini Bukti Temuan DPR, Soal TKA Ilegal Asal Tiongkok – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
HEADLINE NEWS

Ini Bukti Temuan DPR, Soal TKA Ilegal Asal Tiongkok

kendaripos.fajar.co.id. JAKARTA-Keraguan soal keberadaan Tenaka Kerja Asing (TKA) ilegal asal Tiongkok akhirnya dijawab. Anggota Komisi III DPR Muslim Ayub, mengungkapkan jika mereka dapat lolos ke Indoneisa karena memanfaatkan kebijakan bebas visa di Indonesia

pekerja-asing

“Ini fakta rill,” tegasnya saat dihubungi JawaPos.com (kendaripos.fajar.co.id Group), Senin (26/12).

Dari penelusuran Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Orang Asing bentukan Komisi III DPR, TKA ilegal asal Tiongkok tersebar di berbagai daerah. Antara lain Medan, Jakarta dan Surabaya.

“Di Medan kita dapatkan pedagang elektronik, buka praktik herbal, tenaga kerjanya bervisa turis. Bukan visa yang didapatkan sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian,” tuturnya.

Lebih lanjut Muslim mengatakan, Panja Pengawasan Orang Asing juga mendatangi pabrik telepon seluler Huawei dan Smartfren. Ternyata rata-rata pekerjanya berasal dari Tiongkok.

“Pekerjanya bukan pakai (visa) tenaga kerja asing tapi visa turis. Visa turis kan gampang. Pergi ke Singapura dicap. Balik lagi. Setiap bulan bisa begitu karena tidak ada batasannya,” tutur Muslim.

Namun demikian Muslim juga menegaskan bahwa jumlah TKA asal Tiongkok di Indonesia tidak sampai puluhan juta orang seperti yang santer dikabarkan. Hanya saja, katanya, hal itu bukan menyangkut masalah jumlah tetapi pelanggaran hukum.

Dia menegaskan, penggunaan visa turis untuk bekerja jelas menyalahi aturan. “Pakai visa turis, itu yang jadi persoalan,” pungkas politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu.(dna/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top