Agus Yudhoyono Cagub Paling Disukai Pemilih Pemula, Ahok Terendah – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Politik

Agus Yudhoyono Cagub Paling Disukai Pemilih Pemula, Ahok Terendah

Tiga pasangan Cagub DKI saat foto bersama

Tiga pasangan Cagub DKI saat foto bersama

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIPemilih pemula tidak bisa dianggap remeh dalam pemilihan gubernur (Pilgub) DKI Jakarta pada 2017.

Suara mereka menjadi faktor penentu bagi para calon gubernur untuk memenangkan kontestasi di ibu kota.

Berdasarkan daftar pemilih sementara (DPS) Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, dari 7.132.856 DPS, sebanyak 718.571 orang atau 10,07 persen adalah pemilih pemula.

“Oleh karena itu, melirik ceruk potensial pemilih pemula (first time voter) tidak bisa dianggap enteng, sebagai salah satu faktor determinan menentukan terpilih dalam sebuah kontestasi elektoral pilkada,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago dalam pesan singkatnya yang diterima JawaPos.com, Senin (26/12).

Dari survei yang dilakukan Voxpol Center tingkat elektabilitas petahana Basuki Tjahaja Purnama di kalangan pemilih pemula masih unggul dibandingkan dua calon gubernur lainnya.

Sementara dari tingkat popularitas atau keterkenalan figur calon di kalangan pemilih pemula, Ahok menempati posisi teratas dengan 90.64%. Diikuti Anies Baswedan 77.81%, Agus Harimurti Yudhoyono 76.43%, Djarot Saiful Hidayat 76.16%, Sandiaga Uno 66.29%, Sylviana Murni 46.47%.

“Masih banyaknya popularitas calon di bawah 90 persen harus menjadi bahan evaluasi bagi para calon untuk melakukan pendekatan yang lebih efektif, atraktif dan persuasif terhadap pemilih pemula,” tutur Pangi.

Hasil itu diketahui dalam survei yan berlangsung pada 30 November – 10 Desember 2016, dengan survei yang menggunakan metode purposive sampling.

Survei tersebut mengambil 400 responden dengan rentang umur 17-21 tahun.

Sebagian sudah menikah dan pertama kali ikut dalam menentukan pilihannya pada pilkada DKI Jakarta.

Sebagian lagi sudah pernah memilih pada pilpres. Selain itu mereka berstatuskan sebagai siswa maupun mahasiswa.

Para responden itu terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. Sedangkan margin of error plus-minus 4,8% dengan tingkat kepercayaan(level of confidence) sebesar 95%.

Lebih jauh Pangi menyebutkan, jika dilihat dari tingkat kesukaan terhadap figur calon, di peringkat teratas ada Agus dengan 57.83%.

Diikuti Sandiaga sebesar 51.46%, Anies 50.82%, Djarot 48.43%, Ahok 7,12% dan Sylviana 34.65%.

Jika Pilgub DKI Jakarta dilaksanakan hari ini, sambungnya, maka sebanyak 29,02% responden memilih Ahok-Djarot. Sedangkan, pasangan Agus-Sylvi dipilih 25,06% responden, dan Anies-Sandi mendapat dukungan 17,19%.

“Tingkat elektabilitas Ahok di mata pemilih pemula unggul dibanding dua pasangan calon lainnya,” pungkasnya. (dna/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top