Gubernur Pantau Pembangunan Makorem – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Gubernur Pantau Pembangunan Makorem

Gubernur-Sultra-H-Nur-Alam-bersama-Kepala-Staf-Korem-143-Haluoleo-Letko-Kav.-Agus-Waluyo-saat-meninjau-perkembangan-pembanguna-Makorem-143-Haluoleo.-Foto-Humas-Setprov-Sultra..jpg

Gubernur Sultra, H Nur Alam (baju putih) bersama Kepala Staf Korem 143 Haluoleo Letko Kav Agus Waluyo (kanan) bersama jajaran saat meninjau perkembangan pembanguna Makorem 143 Haluoleo, Kamis (22/12) -Foto:Humas SetprovSultra

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Bangunan Markas Komando Daerah Militer (Makorem) 143 Haluoleo dianggap paling tua di antara gedung unsur pimpinan daerah. Gubernur Sultra, H. Nur Alam pun terus memberikan perhatian pada pembangunan gedung Makorem 143 Haluoleo. Setelah pembangunan Aula Manunggal dan perumahan perwira tuntas, Gubernur Nur Alam mengenjot pembangunan Makorem.

Itu terlihat dengan rutinnya gubernur memantau perkembangan pembangunan. Seperti Kamis (22/12), Nur Alam memantau langsung progres pekerjaan Makorem yang dibangun dengan menggunakan dana hibah Pemprov Sultra. Dalam peninjauan itu gubernur didampingi Kepala Staf Korem 143 Haluoleo, Letkol Kav. Agus Waluyo. “Gedung Makorem ini dibangun sejak 50 tahun lalu. Semennya saja pasir campur kapur. Umur gedung dan kondisi gedung sudah betul-betul memprihatinkan, sehingga memang harus direvitalisasi,” kata Nur Alam disela-sela kunjungannya.

BACA JUGA :  Gubernur Perintahkan SKPD Tuntaskan Program Prioritas

Dikonfirmasi terkait langkahnya memberikan perhatian lebih pada pembangunan Makorem yang notebene di bawah TNI AD, Nur Alam mengakui, secara kelembagaan setiap instansi memang mendapatkan alokasi anggaran dari induk organisasinya dari pemerintah. Hanya saja, menurutnya pemerintah daerah bisa saja memberikan hibah kepada lembaga-lembaga strategis dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan di daerah, dimana salah satunya Makorem 143 Haluoleo.

BACA JUGA :  Nur Alam tak Gentar Ancaman DPP

Meskipun secara organisasi di bawah TNI AD, paparnya, tetapi dalam fungsi koordinasi dan fungsi pelaksanaan tugas mereka bertanggung jawab terhadap pengamanan teritorial Sultra. Korem juga bersama gubernur dalam unsur koordinasi pimpinan daerah. Apalagi, keberadaan lembaga-lembaga vertikal dan koordinasi pemerintah daerah yang ada di daerah juga mengambarkan wajah, cerminan dan kapasitas daerah.

“Terus terang diantara kantor maupun markas kantor unsur pimpinan daerah yang terjelek dan tertua, bahkan kondisinya sudah sangat membahayakan karena konstruksinya sudah lapuk semua, itu Makorem ini. Di sisi lain, Korem tidak punya anggaran untuk revitalisasi pengembangan kantor agar mereka bisa bekerja lebih nyaaman, lebih efektif dalam mengemban tugas bersama membangun Sultra. Itulah pertimbangan saya selaku pimpinan unsur pimpinan daerah memberikan hibah yang di dalam aturan tata kelola keuangan itu dimungkinkan,” papar Nur Alam.

BACA JUGA :  Ibunya Terbaring di Ruang ICU RS Wahidin, Gubernur Terpaksa Golput di Pilwali

Dengan terbangunnya Makorem 143 Haluoleo yang baru, lanjut Nur Alam, berarti sekaligus kapasitas daerahkan mengalami peningkatan. “Operasionalisasi Korem dan jajarannya akan lebih efektif, bekerja lebih nyaman dan kewibawaan pemerintah secara keseluruhan yakni, jajaran Pemda Sultra bersama unsur pemerintahan daerah lainnya lebih tercermin.

Sementara, Agus Waluyo mengungkapkan kalau Makorem 143 Haluoleo jadi nantinya, maka ia akan menjadi Makorem yang paling bagus di Indonesia.(mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top