Alamak… Anak Sekecil Ini Curi Duit Rp 16 Juta – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Hukum & Kriminal

Alamak… Anak Sekecil Ini Curi Duit Rp 16 Juta

kendaripos.fajar.co.id ANDOOLO-  Ulah 3 pelajar ini membuat beberapa orang tua geleng kepala. Pasalnya anak sekecil ini sudah mampu melakukan perbuatan yang tidak seharusnya mereka lakukan. Apalagi perbuatan   ini telah berulang dilakukan. Lihat saja akibat menggasak uang tunai Sunaya warga Desa Lalonggombu Andoolo sebesar Rp 16 Juta, ketiganya harus kembali berhadapan dengan hukum.

bb-pencurian

Mereka adalah Yl (16), Ar (13 dan Ig (12) tak hanya mengambil uang korban, mereka juga mencuri barang dagangan milik Sunaya. Hal itu dibenarkan Kapolsek Andoolo, Iptu Sadike Duhang. Ia mengatakan, penangkapan para pelaku berawal dari laporan yang diterima dari korban bahwa ia telah kehilangan sejumlah uang dan barang dagangan.

“Pada tanggal 10 Desember 2016 lalu korban melapor, setelah itu kita langsung melakukan penyelidikan hingga pada 19 Desember lalu kita berhasil meringkus ketiga pelaku ini,” ungkapnya saat ditemui di Mapolsek Andoolo kemarin.

Kronologis pencurian itu terjadi saat si korban pada 10 Desember sekitar pukul 18.45 Wita hendak pergi berjualan di salah satu tempat pesta di Desa Lalonggombu. Saat itu Sunaya menyimpan tasnya di depan pintu kios miliknya dan kembali ke belakang rumah untuk mengunci pintu belakang.

“Pas dia kembali di pintu depan kios, tas yang berisi uang Rp 16 juta dan puluhan bungkus rokok serta jualan lainnya sudah hilang. Jadi ternyata memang sudah diintai oleh ketiga pelaku,” ungkapnya menceritakan.
Dari kejadian tersebut polisi telah mengamankan ketiga tersangka dan sejumlah barang bukti yang berhasil diselamatkan. “Kerugian ditaksir mencapai Rp 19 Juta. Sisa uang yang berhasil diamankan berjumlah Rp 8 Juta. Sementara sisa yang lain sudah dibelanjakan oleh para pelaku. Seperti pakai beli HP dan jajanan lainnya,” katanya.
Dari keterangan Kapolsek Andoolo, pelaku utama pencurian itu atas nama Yl dan Ar.

Mereka diketahui sudah pernah melakukan pencurian motor dan telah dibina di Mapolsek Andoolo. “Bahkan sempat membuat pernyataan, karena saat itu korban atur damai. Kemudian pelaku masih dibawah umur. Namun setelah melakukan ini maka kami tidak beri kesempatan lagi, perkara ini kita lanjut supaya diproses hukum,” ungkap Sadike.

Mantan Kapolsek Lainea ini berharap, dengan adanya penahanan ketiga pelaku yang masih dibawah umur itu bisa memberikan efek jera. “Sekaligus pembelajaran bagi anak-anak lain khususnya pelajar di Konsel. Supaya jangan lagi selalu menjadikan dibawah umur itu adalah alasan untuk selalu melakukan tindak kejahatan,” harapnya.
Kanit Reskrim Polsek Andoolo, Bripka Muhammad Basir menjelaskan, ketiga pelaku dikenakan pasal 362 subsider 363 tentang pencurian dan pemberatan. “Mereka diancam kurungan penjara lima sampai tujuh tahun penjara,” jelasnya menambahkan. (kam/c)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top