Wuuuih! TKI Hongkong Sumbang Devisa untuk Jatim Rp 8,4 triliun – Kendari Pos
Space Iklan Garis Batas
Pariwara
Pariwara
Pariwara
pariwara
Space Iklan
Nasional

Wuuuih! TKI Hongkong Sumbang Devisa untuk Jatim Rp 8,4 triliun

KENDARIPOS.SURABAYA–Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Jatim di Hongkong ternyata menyumbang devisa ke negara hingga mencapai Rp 8,4 triliun per tahun.

045720_949169_tki_ilustrasi

Menyikapi fakta itu, DPRD Jatim meminta pemerintah lebih meningkatkan perlindungan kepada TKI.

Handoyo, anggota DPRD Jatim, menyampaikan, total TKI/ TKW di Hongkong mencapai 150 ribu orang, 60 persennya berasal dari Jawa Timur.

“Gaji TKI di Hongkong per bulannya 4.200 dolar Hongkong.  Jika dirupiahkan dengan 1 dolarnya Rp 1.750, maka gaji per TKI per bulannya sebesar Rp 7.350.000 dikalikan 150 ribu orang per tahun, maka devisa dari TKI dari Hongkong saja mencapai Rp 1,1 triliun dan 60 persennya berasal dari Jatim sekitar Rp 700 miliar,” ungkap politikus dari Fraksi PDIP ini.

Dia menegaskan, besarnya sumbangsih devisa dari TKI asal Jatim ini harusnya sejalan dengan perlindungan dari pemerintah yang didapatkan para TKI.

Tapi fakta yang terjadi malah sebaliknya, para TKI selalu kesulitan dalam mendapatkan perlindungan, jika mengalami permasalahan di negara tempat dia bekerja, padahal mereka adalah pahlawan devisa.

“Pemerintah harus meningkatkan perlindungan pada para TKI, bagaimanapun mereka adalah salah satu penyumbang devisa terbesar untuk Negara,” tutur politisi yang duduk sebagai anggota Komisi C DPRD Jatim ini.

Handoyo mengatakan, pemerintab harusnya memiliki data lengkap nama, alamat TKI di setiap negara.

Dengan begitu, pemerintah bisa memantau dan mengetahui jika terdapat TKI yang mengalami permasalahan. (end/flo/jpnn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top