Ini Uang Seri Terbaru dengan Gambar 12 Pahlawan Nasional – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

Ini Uang Seri Terbaru dengan Gambar 12 Pahlawan Nasional

uang-baru-lagi

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan penerbitan dan  pengedaran uang rupiah tahun emisi 2016. Ada 12 pahlawan nasional yang terpampang dalam mata uang seri terbaru ini.

Jokowi mengungkapkan bahwa  pemilihan 12 pahlawan itu sudah melalui diskusi yang panjang lewat tim sejarawan. Karenanya semua pihak harus menghargainya.

“Saya kira proses ini  harus kita hargai dan hormati,” ujar Jokowi di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (19/12).

Sementara, Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi menjelaskan, uang pupiah kertas yang akan diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100.000, Rp 50.0000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang Rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Sementara, pemilihan gambar pahlawan dilakukan melalui proses focus group discussion (FGD) dengan sejarawan, akademisi, instansi terkait seperti Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Sosial (Kemensos), dan pemerintah daerah (pemda).

“Kita sudah diskusi panjang dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Adapun 12 pahlawan nasional dimasukan dalam sebelas pecahan uang antara lain.

Untuk gambar Soekarno-Hatta, BI menampilkannya pada uang pecahan kertas Rp 100 ribu. Untuk uang Rp 50 ribu ada gambar Djuanda Kartawidjaja, pahlawan pengukuh kedaulatan Indonesia.

Berikutnya dipecahan uang kertas baru Rp 20 ribu ada gambar Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau biasa dikenal Sam Ratulangi, Gubernur pertama Sulawesi.

Dipecahan uang Rp 10 ribu ada gambar Frans Kaisepo pahlawan Kemerdekaan Indonesia. Kemudian dipecahan uang baru Rp 5 ribu ada wajah tokoh Nahdlatul Ulama, KH Idham Chalid.

Sementara pecahan uang kertas Rp 2 ribu menampilkan wajah Mohammad Husni Thamrin. Kemudian pada uang kertas Rp 1000 ditampilkan pahlawan asal Aceh, Cut Nyak Meutia.

Selanjutnya pada uang pecahan logam baru Rp 1000 BI juga menampilkan desain wajah tokoh I Gusti Ketut Pudja, pahlawan asal Bali yang juga pahlawan penentu kemerdekaan

Berikutnya pada logam Rp 500 ada Letjen TNI T.B Simatupang, sementara di uang logam Rp 200 terpampang KH Cipto Mangunkusumo, dan di uang logam Rp100 rupiah terpampang Herman Johanes yakti seorang pejuang paripurna Indonesia.(cr2/JPG)

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top