Awas…Curah Hujan Terus Meningkat – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Awas…Curah Hujan Terus Meningkat

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Ancaman adanya fenomena La Nina yang melanda Sultra pasca El Nino, tak perlu dikhawatirkan. Selama periode musim hujan, kondisi enso La Nina belum menunjukan potensi penguatan atau naik status ke level moderat. Kondisi ini diprediksi akan bertahan pada bulan Januari hingga Maret. Pada periode ini, status La Nina menunjukan level normal. “Status enso terkait aktif tidaknya La Nina maupun El Nino belum terpantau menguat.

download-4

Saat ini, masih normal. Keadaan cuaca belakangan ini lebih disebabkan adanya gangguan shareline. Pasalnya, ada beberapa daerah yang sudah masuk musim penghujanan, sementara lainnya masih berada pada musim peralihan,” jelas Aris Yunatas, Kasie Observasi dan Informasi Stasion Metereologi Maritim Kendari, Jumat (16/12).

Diakuinya, intensitas hujan pada beberapa daerah mengalami peningkatan signifikan layaknya gejala La Nina. Curah yang tinggi menyebabkan genangan air, tanah longsor dan banjir. Namun tidak bisa disimpulkan dampak La Nina. Berdasarkan pantuan satelit Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gejala ini lebih disebabkan fenomena global lantaran pergerakan matahari yang bergerak menuju Selatan ekuator.

Pergerakan matahari jelas pria yang akrab dengan awak media ini, menyebabkan gangguan pola angin. Seperti terjadinya Inter Tropic Covergen Zone (ITCZ), konvergensi, shareline dan munculnya Low Presure Area (LPA) atau tekanan udara rendah. Pada situasi ini, kondisi muka laut perairan di Sultra cenderung menghangat. Makanya suplai massa udara basah ke atmosfir cukup besar sehingga memicu pertumbuhan awan konvektif.

“Keadaan seperti itu, menyebabkan curah hujan meningkat. Di saat-saat tertentu, memicu tumbuhnya awan cumulonimbus (CB). Awan ini memicu hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir. Untuk terhindar dari musibah, masyarakat mengupdate data dari BMKG. Setiap saat, kami terus menginformasikan prediksi cuaca termasuk saat adanya potensi cuaca buruk,” jelas prakirawan cuaca ini.

Khusus di Kendari katanya, curah hujan diprediksi akan terus meningkat. Apalagi Kendari akan memasuki musim penghujanan pada periode I bulan Januari 2017. Makanya, pemerintah harus segera melakukan antisipasi. Pasalnya, Kendari dan daerah sekitar memiliki potensi terjadi banjir maupun adanya genangan air. (c/mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top