Pariwara
Olahraga

Riedl Genjot Latihan, Ini Alasannya

Pelatih Alfred Riedl memimpin latihan ringan timnas di Hotel Grand Four Wings Bangkok. Foto: SIDIK TUALEKA/JAWA POS

Pelatih Alfred Riedl memimpin latihan ringan timnas di Hotel Grand Four Wings Bangkok. Foto: SIDIK TUALEKA/JAWA POS

kendaripos.fajar.co.id,BANGKOK – Lewat pejalanan udara selama tiga jam, Boaz Solossa dan kawan-kawan yang tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Kamis (15/12) sore.

Skuat timnas Indonesia itu terlihat kelelahan. Mata sejumlah pemain juga terlihat membengkak akibat masih menahan rasa kantuk.

Maklum, beberapa jam sebelumnya, skuad Garuda – julukan Timnas – baru saja menjalani pertandingan ekstra penting, mengalahkan Thailand 2-1 di first leg final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, dua hari lalu.

Meski begitu, sang pelatih, Alfred Riedl tetap saja memberikan program latihan kepada para pemain beberapa saat setelah tiba di hotel tempat Timnas menginap.

Latihan ringan seperti stretching selama 15 menit, langsung diterpakan oleh Riedl kepada para penggawanya.

“Tadi malam (kemarin, Red) para pemain utama kami baru saja menjalani pertandingan yang sangat melelahkan. Dan, wajib bagi mereka untuk latihan ringan, agar asam laktat dalam otot mereka bisa terbuang,” ujar Riedl.

Menurut pelatih asal Austria itu, program latihan tersebut sangat penting, terutama bagi pemain yang menjalani pertandingan melawan Thailand tersebut.

Sementara mereka yang tidak mendapat jatah bermain pun tetap harus menjalani program itu. “Setidaknya semua pemain harus bisa segera beradaptasi dengan cuaca di sini,” papar Riedl.

Kendati baru melewati perjalanan yang sangat melelahkan, semua pemain terlihat sangat menikmati latihan ringan itu.

Tak sedikitpun terlihat ekspresi ketegangan di antara penggawa garuda. Manahati Lestusen dan Ferdinand Sinaga yang doyan melempar candaan menggelikan, ikut menyegarkan suasana latihan.

Salah satu penggawa Timnas, Abduh Lestaluhu mengatakan bahwa, program latihan yang diberikan oleh Riedl tersebut adalah ritual wajib pasca bertanding.

Dan itu sangat membantu mempercepat recovery pemain. “Setidaknya otot kami tidak mengalami stress. Apalagi, dua hari lagi kami sudah harus bertanding,” tutur pemain PS TNI itu.

Immanuel Manulang, fisioterapis Timnas menambahkan bahwa, para pemain sejatinya sudah mendapat penanganan khusus setelah pertandingan melawan Thailand, 14 Desember lalu itu.

Salah satunya dengan diberikan ice compress kepada para pemain. “Tapi, proses recovery akan semakin bagus bila dilengkapin dengan stretching ringan seperti tadi,” jelas Immanuel.

Hari ini, Boaz Solossa dan kawan-kawan berencana untuk menjalani ofisial training di Stadion Rajamangala,Bangkok.

itu adalah salah satu persiapan resmi Timnas jelang pertandingan second leg final Piala AFF 2016 melawan tuan rumah Thailand.

Dalam laga besok, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa mengamankan gelar juara. (ben)


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 982
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top