Cawali Kendari Debat Publik 28 Desember – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Politik

Cawali Kendari Debat Publik 28 Desember

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI–KPU Kendari memastikan debat publik atau debat terbuka paslon Pilwali digelar 28 Desember 2016. Rancangan semula, debat digelar 24 Desember. Kepastian itu diungkapkan Komisioner KPU Kendari, Ade Suerani. Kata dia, rundown acara sudah tuntas dibuat.

“Jadwal paten kita tetapkan 28 Desember 2016. Debatnya secara panel. Tiga moderator dari unsur akademisi UHO dan satu orang dari unsur profesional sebagai tim penyusun materi debat,” ujar Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kendari itu, Selasa (13/12) kemarin.

Dijelaskan untuk teknis debat nantinya terdiri dari empat segmen. “Segmen pertama, penyampaian program visi misi dan program pasangan calon. Kedua penajaman visi misi oleh moderator dengan cara melayangkan pertanyaan terkait tema. Sesi ketiga, tanya jawab dan/atau tanggapan-sanggahan antarpaslon. Segmen terakhir debat diakhiri dengan pernyataan penutup (closing statement) dari masing-masing pasangan calon,”jelasnya.

BACA JUGA :  Brigade ADP-Sul Dilantik, ADP Optimis Menang

Ade Suerani menambahkan pelaksanaan debat berdurasi 120 menit. Dalam waktu tersebut sudah termasuk waktu jeda dan iklan tayangan televisi. “Materinya merujuk pada kontekstual visi misi yakni memajukan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kota Kendari ini,” ungkapnya.

Selain itu, debat tersebut akan dihadiri oleh berbagai elemen. Kapasitas undangan dibatasi, untuk tim pendukung tiga paslon hanya 350 orang, forum muspida daerah, pemilih pemula sebanyak 30 orang, unsur media massa dan KPU kabupaten lain. “Pemilih disabilitas sebanyak 2 orang per kecamatan. Hal ini sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2015 pasal 22 ayat 4 KPU wajib memberikan akses bagi penyandang disabilitas dalam penyelenggaraan debat publik atau debat terbuka,” beber Ade Suerani.

BACA JUGA :  Massa ADP-Sul Padati Lapangan Benubenua, ADP: Buah Itu Jatuh Tak Jauh dari Pohonnya

Akses dapat berupa fasilitas kemudahan bagi para penyandang disabilitas untuk menyaksikan debat di tempat acara, dan menyediakan penerjemah bahasa isyarat bagi penyandang tunarungu dalam penayangan debat di televisi baik secara langsung atau tunda, dalam rangka menyebarluaskan informasi pemilu.

Dilanjutkannya, debat terbuka paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari merupakan salah satu upaya untuk menyebarluaskan profil, visi dan misi serta program kerja kepada masyarakat. “Dengan adanya debat, posisi kebijakan paslon akan dapat di elaborasi lebih dalam dan meluas atas setiap tema yang didiskusikan. Diharapkan perlaksananya debat Pilwali dapat memberikan informasi yang komprehensif sebagai salah satu pertimbangan masyarakat dalam menentukan pilihannya 15 Februari,” tandasnya. (KENDARIPOS)

BACA JUGA :  Dari Lorong Menuju Teluk

Komentar

komentar


Notice: Trying to get property of non-object in /home/kendaripos/public_html/wp-content/themes/flex-mag 1.13/functions.php on line 1001
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top