Kapal Kontainer Mulai Bongkar Muat di Pelabuhan Bungkutoko – Kendari Pos Online
Iklan Jaksa

Biro Umum
Metro Kendari

Kapal Kontainer Mulai Bongkar Muat di Pelabuhan Bungkutoko

Pelabuhan Kendari di Bungkutoko.

Pelabuhan Kendari di Bungkutoko.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI—Para buruh di Pelabuhan Bungkutoko akhirnya mulai beraktivitas setelah harus menunggu tiga bulan untuk melihat kapal kargo sandar. Rabu (14/12), KM Meratus Pekanbaru menjadi kapal perdana yang menepi di pelabuhan tersebut untuk melakukan bongkar muat. Kepala Seksi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Kantor Kesyabandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari, Rahman Soamole mengatakan empat perusahaan pelayaran khususnya kontainer sudah menyatakan kesiapan untuk melakukan bongkar muat di Bungkutoko. “Pihak Meratus telepon tanya sudah siap bongkar muat di sana atau belum dan kami sambut itu,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/12).

Diyakininya, hadirnya KM Meratus itu akan disusul dengan kapal-kapal kontainer lain. Maka perlahan arus lalu lintas truk dan mobil kontainer mulai meningkat. “Jelas setelah dibongkar nanti, maka banyak mobil yang masuk, setiap hari akan seperti itu lama-lama akan kelihatan normal seperti sebuah pelabuhan besar,” tambah Rahman.

Sementara itu, Kepala Bagian SDM dan Umum PT. Pelindo IV Kendari, Alfian Ahmad mengungkapkan kesyukurannya atas kesiapan perusahaan peti kemas yang mulai beraktivitas. Ia mengatakan, sebagai operator pelabuhan, Pelindo itu sudah sangat siap. Baik SDM maupun peralatan. “Buruh sudah siap dengan seragam lengkap, kemudian peralatan bongkar muat kita juga sudah siap di sini,” jelasnya.

Dengan begitu, mulai kemarin tidak akan ada lagi kapal kontainer yang harus berlabuh dan menunggu di lautan hingga ada lokasi sandar yang cukup. “Selama ini, kalau ada kapal mau masuk, harus tunggu keluar dulu yang lebih awal datang. Sehingga itu butuh waktu lagi. Nah sekarang bisa membongkar di dua lokasi seperti ini jelas akan lebih maksimal,” tambahnya. (elyn)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.


Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top