6 UKM Raih Penghargaan Siddhakarya – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Ekonomi & Bisnis

6 UKM Raih Penghargaan Siddhakarya

Wagub Sultra, LM Saleh Lasata bersama

Wagub Sultra, LM Saleh Lasata bersama Kunjung Masehat, Sekretaris Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas Kemenaker RI.

kendaripos.fajar.co.id,KENDARI-Upaya pemerintah memacu kemandirian Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sultra perlu diapresiasi. Tahun ini, enam UKM berhasil meraih penghargaan Siddhakarya dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Bidang usaha ini dianggap mampu menerapkan konsep produktivitas dan kualitas usaha mulai di bidang pemasaran, ketenagakerjaan, keuangan hingga penerapan dan penguasaan teknologi.Selain meraih tropy, UKM akan mendapatkan bantuan pembinaan. Apalagi dalam waktu dekat, enam UKM tersebut masih akan bersaing di forum nasional untuk meraih penghargaan Paramakarya.

“Untuk memacu iklim usaha, pemerintah memberikan kemudahaan bagi pelaku usaha. Salah satunya melalui UKM. Sebagai motivasi, setiap dua tahun sekali pemerintah memberi penghargaan pada UKM berprestasi. Dari lebih 200 UKM, 6 diantaranya memenuhi syarat mendapat penghargaan,” kata Kunjung Masehat, Sekretaris Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kemenaker usai menyerahkan penghargaan di ruang Pola Kantor Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, Rabu (14/12).

Anugerah bagi UKM kata Kunjung, merupakan agenda rutin setiap tahun genap. Sultra sendiri, cukup diperhitungkan. Pada tahun 2011 lalu, Baruasa Mandiri meraih penghargaan Paramakarya. Untuk itulah, pelaku usaha yang meraih penghargaan untuk tidak cepat puas. Untuk meraih pengakuan ditingkat nasional, UKM harus memenuhi tujuh katogeri. Makanya, pelaku usaha harus terus berbenah.

“Saya berharap bantuan pendampingan ini bisa dimanfaatkan. Seperti membenahi sistem manajemen, kemasan, pemasaran, kualitas dan kuantitas produksi. Sebab banyak hal yang menjadi penilaian termasuk kostumer. Apakah produknya hanya dijual di pasar domestik atau sudah di mancanegera. Bila UKM Sultra kembali meraih penghargaan, maka akan diikutsertakan ke tingkat internasional,” katanya.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, HM Saleh Lasata berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi baik individu maupun kelompok usaha. Apalagi hal ini sesuai dengan visi-misi RPJMD Sultra, yakni kemandirian, kualitas, kuantitas, produksi dan daya saing. Untuk mendorong UKM, pemerintah telah membentuk Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Melalui lembaga ini, pemerintah melakukan pendampingan terhadap pelaku usaha kecil dan usaha baru. Makanya, pemerintah juga bekerjasama dengan pihak konsultan termasuk memberikan kemudahaan mendapatkan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bantuan lainnya.

“Bila usaha ini bisa tumbah secara otomatis akan berimbas pada peningkatan produktivitas. Investasi akan meningkat sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional yang lebih tinggi,” pungkas wagub. (AMAL)

UKM di Sultra Peraih Siddhakarya :

Perusahaan Klasifikasi Jenis Usaha
1. CV Buon Shell Menengah Asesoris Busana (Kancing)
2. Diamond Sejahtera Menengah Pakan Ternak (Tepung Ikan)
3. Citra Permata Kecil Makanan Olahan (Abon Ikan, Kue Kering)
4. Al Ghozy Kecil Makanan (Pia Mete)
5. Mantik Sangia Kecil Kerajinan Tenun (Tenunan Ikat Kolaka)
6. UD Sederhana Kecil Makanan (Aneka Keripik)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top