Setelah Berkas Rampung, Ketua KPU Konsel dan Dua Anggotanya Segera Ditahan – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Setelah Berkas Rampung, Ketua KPU Konsel dan Dua Anggotanya Segera Ditahan

Abdillah, MH

Abdillah, MH

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe Selatan (KOnsel) baru saja menahan dua komisioner KPU setempat, Nuzul Qadri dan Aswan. Saat ini jaksa masih terus merampungkan berkas perkara pada tiga tersangka lainnya, Ketua KPU Konsel, Jabal Nur serta Yusran dan Sutamin Rembasa. Kepala Kejari Konsel, Abdillah, MH membenarkan bila tiga nama terakhir itu belum ditahan karena masih menunggu proses pemberkasan untuk masuk tahap P21. “Jika telah lengkap, barulah akan dilakukan penahanan. Dalam waktu dekat berkas akan rampung lalu dilimpahkan ke penuntut umum,” kata Abdillah saat ditemui di Kejati Sultra, Rabu (14/12).

Kajari mengaku tak mau buru-buru melakukan penahanan terhadap ketiganya jika nantinya hanya akan mempersulit jaksa diproses penuntutan. Misalnya soal pengembalian uang negara nanti. Soal adanya keterlibatan pihak lain, Abdillah mengaku pihaknya masih melakukan pendalaman. Untuk diketahui, penyidik Kejari Konsel menetapkan lima komisioner KPU dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan dana hibah Pilkada tahun 2015 lalu. Item yang diduga menyimpang itu adalah biaya sewa (rental) enam unit kendaraan operasional. Nuzul Qadri dan Aswan telah ditahan saat menyambut Hari Anti Korupsi berdasarkan surat perintah Kajari nomor: print-10/R.3.18/Ft.1/12/2016, tanggal 08 Desember 2016.

Dari kasus tersebut, jaksa mencatat terdapat kerugian negara sekitar Rp 270 juta. Dana tersebut merupakan akumulasi anggaran yang diporsikan pada kelima komisioner atau . Yakni, Rp 54 juta tiap orang. Penyimpangan ini mencuat saat para anggota KPU mengembalikan uang ke bendahara bernama Jawal. Pemegang kas KPU itu pun bingung dari mana asal uang tersebut. Dari situlah pihak kejaksaan terus mengembangkan perkara hingga akhirnya meneteapkan lima tersangka. (ade)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top