Dua Pengusaha Kayu Tersangka Illegal Logging Tak Ditahan Polisi – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Dua Pengusaha Kayu Tersangka Illegal Logging Tak Ditahan Polisi

ilustrasi

ilustrasi

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Pemilik 253 batang kayu yang diamankan pihak Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra pada kontainer PT Spil diketahui bernama Sukarno Kulle alias Nano dan Jamal. Kedua pengusaha kayu tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka penyelundupan hasil hutan asal Sampolawa tersebut. Penyidik juga telah melimpahkan berkas perkara tersebut ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejati Sultra. Meski demikian, dua tersangka tersebut tidak ditahan penyidik. Kasubdit IV Tipiter Polda Sultra, AKBP Hartono saat dikonfirmasi Rabu (14/12) menjelaskan, pihaknya telah melakukan penetapan tersangka pada Nano dan Jamal sejak pekan lalu.

Setelah menetapkan status kedua tersangka, pihaknya memang belum melakukan penahanan pada pemilik kayu yang diamankan di dalam dua kontainer bernomor seri SPNU-271984-2 dan SPNU-276013-1 milik PT Spil. “Kami anggap mereka kooperatif dan penahanannya ditangguhkan. Saat akan diperlukan untuk kepentingan penyidikan, mereka bisa hadir,” yakin Hartono, kemarin. Kasubdit juga mengatakan, pihaknya telah merampungkan berkas perkara tindak pidana pencegahan dan pemberantasan, perusakan hutan sesuai pasal 83 ayat 1, junto pasal 12, junto pasal 87 dan undang-undang RI nomor 18 tahun 2013.

“Kami tinggal menunggu hasil penelitian dari JPU. Apakah berkas yang sudah kami limpahkan itu masih kurang dan akan dikembalikan, atau sudah lengkap,” ujarnya. Untuk diketahui, awal Oktober lalu, penyidik Subdit Tipiter melakukan penggerebekan pada Depo PT Spil di Pelabuhan Murhum, Baubau. Diketahui kayu tersebut tidak memiliki kelengkapan dokumen pengiriman ke luar kota. Atas dasar itulah polisi menyita barang bukti dan melakukan penyelidikan hingga akhirnya menemukan dua tersangka. (kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top