Kapolri Ganti 10 Kapolda dan Kakorlantas, Kapolda Agung Sabar Santoso Dimutasi ke NTT – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Nasional

Kapolri Ganti 10 Kapolda dan Kakorlantas, Kapolda Agung Sabar Santoso Dimutasi ke NTT

Kapolda Sultra, Brigjend Pol. Agung Sabar Santoso

Kapolda Sultra, Brigjend Pol. Agung Sabar Santoso dimutasi sebagai Kapolda NTT. Posisinya digantikan oleh Brigjen Budi Revianto.

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Menjelang akhir 2016, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengganti jabatan 10 kapolda dan sejumlah jabatan penting untuk tingkat perwira tinggi di lingkungan Polri. Salah satu di antaranya Kakorlantas.

Mutasi yang dituangkan dalam surat telegram nomor ST/2987/XII/2016 tertanggal 12 Desember 2016 itu menyebutkan sejumlah pati Polri mendapatkan promosi jabatan dan diberhentikan dalam rangka pensiun.

“Merupakan mutasi biasa tour of duty dan tour of area untuk pengembangan karier. Ada juga yang memasuki purna bakti (pensiun),” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul, Senin (12/12).

Adapun posisi yang terkena rotasi adalah Kapolda Bali yang kini masih dijabat oleh Irjen Sugeng Priyanto. Posisinya akan dipercayakan ke Irjen Petrus Golose. Sementara Sugeng naik jabatan menjadi Wakabaharkam Polri.

Sementara itu, Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Anton Setiadji dimutasikan sebagai pati Polri dalam rangka pensiun. Posisi yang ditingalkannya akan dijabat oleh Irjen Machfud Arifin yang saat ini menjabat sebagai Kadiv TI Polri.

Selanjutnya rotasi jabatan Kapolda juga menerpa wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Utara (Sulut).

Kapolda Jabar Irjen Bambang Waskito diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), menggantikan Irjen Wilmar Marpaung yang dimutasi ke Lemdikpol Polri.

Jabatan Kapolda Jabar akan diisi oleh Irjen Anton Charliyan yang sebelumnya adalah Kapolda Sulsel. Sementara posisi yang ditinggalkan Anton akan diisi oleh Irjen Muktiono.

Tak luput dari rotasi, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Djoko Prastowo akan digantikan oleh Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto.

Sementara posisi yang ditinggalkan Agung diisi oleh Irjen Royke Lumowa yang sebelumnya Kapolda Papua Barat.

Jabatan Kapolda Papua Barat sendiri akan diisi oleh Brigjen Martuani Sormin yang sebelumnya menjabat Karo Paminal Divpropam Polri.

Masih di wilayah Timur Indonesia, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Widyo Sunaryo dirotasi ke Mabes Polri.

Posisi yang ditinggalkannya akan dijabat oleh Brigjen Agung Sabar Santoso yang sebelumnya adalah Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra). Posisi Kapolda Sultra sendiri akan digantikan oleh Brigjen Budhi Revianto.

Terakhir yang kebagian rotasi untuk posisi penting adalah jabatan Kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) yang diisi Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto akan dijabat oleh Brigjen Nandang.

Surat telegram itu ditanda-tangani langsung oleh Wakapolri Komjen Syafruddin mewakili Kapolri. Ada sekira 37 pati Polri yang mengalami rotasi jabatan. Artinya, dalam waktu dekat, serah terima jabatan akan dilaksanakan di Mabes Polri. (elf/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top