Mini BRIS Hadir di IAIN Kendari – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Edukasi

Mini BRIS Hadir di IAIN Kendari

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim (kiri) didampingi Kepala Divisi Jasa dan Pendanaan BRIS Pusat, meninjau peluncuran mini bank BRIS di kampus yang beralamat Jl. Sultan Qaimuddin Baruga, Kota Kendari.Wa Ode Ismawati/Kendari Pos

Rektor IAIN Kendari, Dr. H. Nur Alim (kiri) didampingi Kepala Divisi Jasa dan Pendanaan BRIS Pusat, meninjau peluncuran mini bank BRIS di kampus yang beralamat Jl. Sultan Qaimuddin Baruga, Kota Kendari.Wa Ode Ismawati/Kendari Pos

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIFakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari jalin kemitraan dengan Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) cabang Kota Kendari. Salah satu bentuk kerjasama kedua lembaga ini, adalah launching mini bank BRIS di kampus yang dipimpin Dr. H. Nur Alim, Selasa (6/12) lalu.

Peluncuran mini bank dilakukan langsung Kepala Divisi Jasa dan Pendanaan BRIS Pusat, Wijayanto. Pengadaan mini bank itu, sebagai bagian upaya untuk menyiapkan SDM yang kompeten. Dimana, mini bank menjadi salah satu alat untuk mengenalkan serta membiasakan mahasiswa terkait terminologi bank syariah.

“Dengan itu, keinginan industri dalam hal ini BRIS untuk menciptakan SDI yang kompeten dan siap kerja bisa tercapai. Tentu melalui kolaborasi antara teori dengan praktik melalui mini bank tersebut. Walaupun hanya berupa simulasi karena berbentuk laboratorium, namun cukup membantu untuk mengenalkan kerja dari BRI Syariah sedini mungkin. Kami harus memastikan proses pengasahan inisehingga benar-benar menciptakan SDI yang siap pakai. Artinya, mereka tidak perlu dilatih lagi karena sudah memiliki gambaran,” terang Wijayanto.

Menurutnya, mini bank BRIS sementara hanya berupa simulasi dalam laboratorium. Akan tetapi dalam waktu dekat, pihaknya akan hadirkan kantor langsung di IAIN Kendari sehingga ada tersedia laboratorium sebagai tempat simulasi yang difasilitasi dengan aplikasi komputer. Setelah itu, mahasiswa bisa melihat langsung bagaimana cara kerja sesungguhnya.

“Untuk mini bank, kami bermitra lebih dari 70 PT di Indonesia yang punya FEBI, termasuk IAIN Kendari. BRI Syariah memiliki beberapa keunggulan. Pertama, kami disupport BRI sebagai bank terbesar di Indonesia. Teknologi yang membantu dalam bersaing adalah satelit yang dimiliki BRI sehingga biaya komunikasi lebih murah. Kami tidak mengambil biaya adnimistrasi untuk tabungan. Kami juga fokus pada IT sehingga semua layanan harus berbasis IT, seperti laboratorium yang ditempatkan pada PT mitra kami,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag., mengatakan, piahknya bersyukur dan berterimakasih atas kemitraan tersebut. Dengan ini, mahasiswa FEBI tidak hanya dibekali dengan teori terkait dengan ekonomi dan perbankan syariah. Akan tetapi, mereka secara langsung melakukan praktik bagaiman cara kerja dari perbankan syariah itu sendiri.

“Mini bank ini punya multifungsi yaitu fungsi utamanya sebagai tempat praktik mahasiswa FEBI. Didalamnya juga akan disiapkan beberapa aplikasi, terkait dengan proses transaksi. Saat ini masih melayani mahasiswa pada kegiatan kas. Namun suatu saat akan bergerak menjadi unit tersendiri, tidak hanya melayani transaksi saja,” bebernya.

Ia pun berharap mini Bank BRI Syariah itu, kedepan prospeknya lebih besar. Bukan hanya mahasiswa yang bisa menggunakan tetapi juga dosen dan tenaga administrasi bahkan masyarakat sekitar kampus bisa menerima transaksi. (isma)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top