7 Fakta Ini Menyebabkan Thailand Wajib Diwaspadai Indonesia – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Olahraga

7 Fakta Ini Menyebabkan Thailand Wajib Diwaspadai Indonesia

 affsuzukicup.com -Thailand memiliki beberapa keunggulan dibanding Indonesia


Thailand memiliki beberapa keunggulan dibanding Indonesia. affsuzukicup.com

kendaripos.fajar.co.id,KENDARIPelatih Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengatakan tak menganggap remeh Indonesia jelang pertemuan di partai final Piala AFF 2016. Seperti diketahui, Gajah Perang – julukan timnas Thailand, melaju ke final usai unggul agregat 6-0 atas Myanmar.

Seolah sudah ditakdirkan, Thailand pun akan kembali bertemu Indonesia. Ya, kedua tim sebelumnya berada di grup yang sama dan Thailand secara perkasa mampu menang dengan skor 4-2.

Saat itu, Thailand unggul 2-0 terlebih dahulu dan disamakan menjadi 2-2 oleh Indonesia. Namun, dua gol tambahan berhasil dicetak Thailand dan menang 4-2.

“Kami masih punya dua laga melawan Indonesia untuk bisa mengangkat trofi. Memang, kami sebelumnya meraih kemenangan di fase grup, tapi saya pastikan dalam laga final nanti Indonesia akan berbeda dan tentunya tidak akan mudah,” sebut Kiatisuk seperti dilansir Goal.

Thailand sendiri memang menargetkan bisa merengkuh juara Piala AFF secara back to back untuk kali kedua. Sebelumnya mereka melakukannya pada 2000 dan 2002. Kini, setelah juara pada 2014, Gajah Perang ingin kembali juara.

Bagi Indonesia, bukan perkara gampang mengalahkan Thailand dengan catatan mentereng yang ditorehkan Thailand. Terlebih, Tim Merah Putih memiliki memori buruk di final Piala AFF saat bersua Thailand. Dari dua pertemuan di final sebelumnya, Indonesia selalu kalah.

Berikut adalah 7 fakta timnas Thailand yang perlu dwaspadai Indonesia jelang laga final Piala AFF 2016. (epr/JPG)
1. Selalu Menang dan Tersubur

Performa Thailand di Piala AFF 2016 sangat menawan. Ini menjadi hal yang perlu diwaspadai Indonesia. Thailand selalu menang dan menjadi tim tersubur dengan torehan 12 gol hingga semifinal.

Di fase grup, Thailand selalu menang dengan mencetak 6 gol – salah satunya menang 4-2 atas Indonesia. Kemudian dalam dua laga semifinal, Thailand juga selalu menang dan mencetak 6 gol (4-0 dan 2-0).
2. Dua Kali Mengalahkan Indonesia di Final Piala AFF

Thailand jelas memiliki modal dan motivasi yang kuat jelang laga final Piala AFF 2016 melawan Indonesia. Maklum saja, mereka pernah bertemu dengan Indonesia di partai final dan dua kali pula selalu menang.

Pertemuan pertama terjadi di final Piala AFF 2000 saat Thailand menjadi tuan rumah. Di partai puncak yang belum menggunakan sistem home and away, Thailand menang 4-1. Kedua di final Piala AFF 2002 di mana Indonesia menjadi tuan rumah. Di final, Thailand kembali menang kali ini dengan adu penalti setelah berimbang 2-2 di waktu normal dan perpanjangan waktu.

3. Memori Indah Kiatisuk Senamuang

Pelatih Thailand saat ini, Kiatisuk Senamuang, memiliki memori indah saat masih aktif sebagai pemain. Dia merupakan andalan Thailand di Piala AFF 2000 dan 2002. Artinya, Kiatisuk berpengalaman mengalahkan Indonesia lantaran dalam final Piala AFF 2000 dan 2002, Thailand bertemu Indonesia dan selalu menang.

Dalam dua laga final tersebut, Kiatisuk memang tak mencetak gol. Bahkan, dalam adu penalti di 2002, dia merupakan penendang yang gagal. Namun, bukan menjadi penghalang Thailand untuk juara pada 2000 dan 2002.
4. Thailand Pemegang Gelar Juara Piala AFF Terbanyak

Thailand merupakan pemegang gelar juara Piala AFF terbanyak bersama Singapura sebanyak 4 kali. Gajah Perang juara pada edisi 1996, 2000, 2002, dan 2014.

Tak hanya itu, Thailand juga menjadi satu-satunya tim yang paling sering tampil di final Piala AFF yakni sebanyak 8 kali termasuk tahun ini.
5. Teerasil Dangda Akrab dengan Gawang Indonesia

Kapten sekaligus bomber Thailand, Teerasil Dangda terbilang akrab dengan gawang Indonesia. Pada pertemuan di fase grup, Teerasil mampu mengemas hat-trick saat Thailand menang 4-2 atas Indonesia.

Sebelumnya, Teerasil mencetak satu gol ke gawang Indonesia pada semifinal leg pertama Piala AFF 2008. Saat itu Thailand menang 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Di Piala AFF 2016 ini, Teerasil sudah mengemas 5 gol da berpeluang besar menjadi top skorer.
6. Thailand Wakil Asia Tenggara yang Lolos Babak Ketiga Pra-Piala Dunia 2018

Thailand saat ini menjadi satu-satunya tim dari Asia Tenggara yang masih bertahan di Pra-Piala Dunia 2018 zona Asia. Saat ini mencapai babak ketiga dan tergabung di Grup B bersama Arab Saudi, Jepang, Australia, UEA, dan Irak.

Seperti diketahui, dua tim teratas masing-masing grup (Grup A dan Grup B) langsung lolos ke Piala Dunia 2018. Sedangkan peringkat ketiga menjalani play-off. Saat ini dari 5 laga, Thailand berada di posisi buncit dan baru mengemas 1 angka.
7. Thailand Telah 2 Kali Kalahkan Alfred Riedl

Dalam sejarahnya, Thailand pernah dua kali mengalahkan Alfred Riedl bersama tim yang dilatihnya dan semua terjadi di Piala AFF. Terakhir adalah di fase grup Piala AFF 2016 ini di mana Thailand mengalahkan Indonesia dengan skor 4-2. Pertama kali Thailand mengalahkan Riedl pada Piala AFF 2007 di babak semifinal. Kala itu, Riedl yang melatih Vietnam kalah 0-2 dari Thailand.

Skor Thailand vs Riedl saat ini 2-2. Riedl ternyata mampu dua kali menang atas Thailand. Pertama di fase grup Piala AFF 1998. Ried yang menangani Vietnam menang 3-0 atas Thailand. Kedua di Piala AFF 2010 saat Riedl menukangi Indonesia. Di fase grup, Indonesia menang 2-1 atas Thailand.

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top