Falihi, Cukong Kayu Asal Muna Segera Diadili – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Hukum & Kriminal

Falihi, Cukong Kayu Asal Muna Segera Diadili

Salah satu barang bukti kayu ilegal yang disita Timsus Polda Sultra, beberapa waktu lalu.

Salah satu barang bukti kayu ilegal yang disita Timsus Polda Sultra, beberapa waktu lalu.

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Setelah sekian lama mengusut kasus dugaan Illegal logging dengan tersangka seorang pengusaha kayu asal Muna, Laode Muhammad Falihi, Penyidik Subdit IV Tipiter Ditreskrimsus Polda Sultra bisa menuntaskannya. Sejak awal pekan ini, berita acara pemeriksaannya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau. Kini Falihi telah menjadi kewenangan Kejari Baubau untuk menjalani proses hukum dan memertanggungjawabkan perbuatannya. Falihi diserahkan bersama barang bukti kayu hasil sitaan.

Kasubdit IV Tipiter Ditreskrimsus, AKBP Hartono yang dikonfirmasi Kamis (8/12) membenarkan pelimpahan tersangka dan barang bukti ke Kejari Baubau. Setelah melakukan proses pemindahan barang bukti selama satu bulan, pihaknya kemudian melimpahkan tersangka. “Tersangka kini sudah ditahan pihak Kejari Baubau dan tinggal menunggu proses persidangan. Sebelumnya tersangka tidak dilakukan penahanan, karena kami anggap koperatif. Saat kami panggil untuk proses tahap dua, tersangka juga memenuhi panggilan kami,” paparnya.

Untuk diketahui, tindak pidana pembalakan liar yang dilakukan Falihi itu terungkap setelah Tim Khusus (Timsus) Polda Sultra melakukan operasi pada tanggal 13 hingga 22 Februari 2015 lalu. Melakukan menyita ratusan kubik kayu di Kabupaten Muna, Butur dan Baubau. Diketahui, 6 kontainer kayu diduga ilegal itu ternyata milik pengusaha asal Muna bernama Laode Muhammad Falihi. Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melanggar undang-undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan perambahan hutan. (kmr)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top