Tata Kelola Keuangan Peringkat III Nasional, Pemprov Sultra Raih Anugerah Dana Rakca – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Metro Kendari

Tata Kelola Keuangan Peringkat III Nasional, Pemprov Sultra Raih Anugerah Dana Rakca

Hj. Isma

Hj. Isma

kendaripos.fajar.co.id, KENDARI– Upaya Pemprov Sultra membenahi sistem pengelolaan keuangannya perlu diapresiasi. Tahun ini, Pemprov berhasil meraih penghargaan Anugerah Dana Rakca dari Kementerian Keuangan. Sultra menempati peringkat ketiga setelah DI Yogyakarta dan Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dianggap mampu menata dan mengefektifkan pengunaan anggarannya. Atas keberhasilan itu, Pemprov Sultra memperoleh tambahan Dana Intensif Daerah (DID) sebesar Rp 52 miliar. Padahal sebelumnya, pemerintah hanya kebagian Rp 5 miliar.
Penganugerahan Dana Rakca akan diserahkan langsung Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara Rabu (7/12) setelah penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2017.

Sesuai rencana, Wakil Gubernur Sultra, H.M. Saleh Lasata akan menghadiri undangan tersebut. “Alhamdulillah, kerja keras kita berbuah hasil. Dari enam provinsi, Sultra menempati urutan ketiga terbaik. Penghargaan ini diberikan pada Pemda yang dianggap mampu membenahi tata kelola keuangannya. Tahun ini, ada 80 Pemda yang diberi penghargaan. Ada 36 yang penyerahannya dilakukan di pusat. Tapi khusus enam terbaik, penyerahannya dilakukan langsung oleh Presiden,” beber Hj. Isma, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra saat ditemui, Selasa (6/12).

Indikator penilaian penghargaan ini kata mantan Kepala BPKAD Konawe Selatan itu, meliputi berbagai hal. Mulai dari kemampuan Sultra meningkatkan kapasitas raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BK), mengefektifkan pengunaan DID, menata sistem pengelolaan keuangan hingga tingkat kesejahteraan. Sebagai bentuk apresiasi, Sultra mendapat DID tertinggi. Dari 36 Pemda yang diundang ke Jakarta, hanya Pemprov satu-satunya yang berasal dari Sultra.

“Raihan WTP itu ada beberapa tingkatan. Berdasarkan penilaian pusat, progres Sultra tergolong baik dalam beberapa tahun terakhir. Makanya, kuota DID tahun 2017 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) meningkatkan signifikan. Dari Rp 5 miliar, menjadi Rp 52 miliar,” jelas mantan Kabag Perlengkapan ini. Kepala Biro Humas dan PDE Sultra, H. Kusnadi mengaku telah menerima undangan penyerahan Anugerah Dana Rakca. Berhubung gubernur berhalangan hadir, serah terima penghargaannya akan diwakilkan ke Wagub. “Selain penerimaan Anugerah Dana Rakca tahun 2016, pada pertemuan tersebut juga akan dilaksanakan penerimaan DIPA, dana transfer ke daerah serta Dana Desa tahun 2017,” kata mantan Ketua Badan Koordinasi Humas Sultra ini. (mal)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top