KASUS DUGAAN MAKAR! Tujuh Bebas, Sri Bintang Pamungkas Masih Ditahan – Kendari Pos Online
Space Iklan Garis Batas
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Nasional

KASUS DUGAAN MAKAR! Tujuh Bebas, Sri Bintang Pamungkas Masih Ditahan

kendaripos.fajar.co.id,JAKARTA—Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan setidaknya tujuh orang yang terduga makar telah dibebaskan dari Mako Brimob, Kelapa Dua, Sabtu (3/12).

Menurut dia, saat ini yang masih mendekam di dalam tahanan hanya tinggal tiga orang, mereka adalah aktivis Sri Bintang Pamungkas, Rizal Kobar, Jamran.

“Mereka tiga orang yang ditahan. Mereka adalah J, R dan SBP,” ujar Martinus saat dikonfirmasi, Sabtu (3/12).

Menurut dia, dua orang tersebut dijerat dengan pasal Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Sementara satu orang lagi dikenai Pasal 107 juncto 110 KUHP juncto 87 KUHP di mana hukumannya bagi pemimpin dan pengatur makar sesuai dengan ayat 1 adalah pidana penjara seumur hidup atau 20 tahun.

“Dua orang UU ITE dan satu terkait penghasutan atau makar,” katanya.

Tiga orang tersebut akan ditahan selama 20 hari ke depan, sekaligus. “Penahanan dilakukan mulai pukul 22:00 WIB kemarin selama 20 hari ke depan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Pol Rikwanto mengatakan kasus yang menimpa kesepuluh orang itu berhubungan dengan permufakatan jahat.

Menurut Rikwanto, beberapa dari mereka dijerat dengan dengan Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Pasal 107 juncto 110 KUHP juncto 87 KUHP, di mana hukumannya bagi pemimpin dan pengatur makar sesuai dengan ayat 1 adalah pidana penjara seumur hidup atau 20 tahun.

Adapun yang ditangkap dan akhirnya dibebaskan adalah mantan Kepala Staf Kostrad Mayjen (Purn) Kivlan Zen, eks Staf Ahli Panglima TNI Brigadir Jenderal (Purn) Adityawarman Thaha, Ketua Solidaritas Sahabat Cendana Firza Husein, aktivis politik Ratna Sarumpaet, musikus sekaligus calon Wakil Bupati Kabupaten Bekasi Ahmad Dhani, politikus Partai Gerindra Rachmawati Soekarnoputri dan Eko.

Sementara yang masih ditahan adalah aktivis Sri Bintang Pamungkas, Rizal Kobar, dan Jamran.(cr2/JPG)

Komentar

komentar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top