Pedagang Pasar Panjang Enggan Pindah, Ini Alasannya… – Kendari Pos Online
Jalan Sehat

pariwara
Iklan Jalan Sehat Kenpos Iklan 10 Iklan 23
Metro Kendari

Pedagang Pasar Panjang Enggan Pindah, Ini Alasannya…

kendaripos.fajar.co.id KENDARI– Pemindahan pedagang dari pasar panjang ke pasar sentrak Wua-wua mulai menimbulkan riak. Beberapa pedagang  masih keberatan mematuhi keinginan Pemkot Kendari untuk segera mengosongkan Pasar Panjang di kawasan Lepo-lepo itu.

f-hl-pasar-panjang2

Hanya saja, keengganan pedagang bukan untuk berseteru dengan pemerintah. Melainkan hanya meminta dispensasi waktu pemindahan saja. Padahal batas waktu pengosongan area Pasar Panjang sudah ditentukan 30 November, kemarin.

Ketua Kerukunan Pedagang Pasar Wua-wua Kota Kendari, Subhan mengaku sangat memahami keinginan pemerintah untuk segera memanfaatkan pasar yang dibangun dengan dana Rp 67 miliar itu. Hanya saja, dia kembali menekankan jika pedagang belum siap pindah, sebab kebutuhan kios mereka belum lengkap dan masih dalam proses. “Pedagang bukan tidak mau pindah, hanya belum siap saja dan pasti pindah, saya jamin itu,” katanya, Rabu (30/11).

Subhan juga meminta agar pemerintah tak perlu melibatkan aparat keamanan untuk mendesak kepindahan pedagang. “Tidak ada yang inginkan kekerasan, pedagang sudah berjanji akan pindah sukarela, bahkan sekarang sudah ada yang pulang balik mengurus kiosnya, jadi itu perlu kita maklumi,” tambahnya. Subhan yang juga Ketua Komisi II DPRD Kota Kendari itu mengapresiasi kebijakan pemerintah kota yang memberikan keringanan para pedagang. “Saya sudah sampaikan keinginan pedagang ke Pak Wali Kota. Malah kita dikasih keringanan, biar belum lunas masuk saja dulu, asal buat surat pernyataan. Nah setelah itu saya sampaikan ke pedagang semuanya langsung bergerak,” ungkapnya.

Pantauan koran ini hingga Rabu (30/11) pukul 11.00 kemarin, hanya ada puluhan pedagang yang tampak beraktivitas di dalam Pasar Wua-wua. Ada yang memasang plang nama toko, sekadar mengecek lampu dan pintu-pintu kios. Namun, untuk barang dagangan belum ada satupun yang terisi. Sementara di Pasar Panjang Lepo-Lepo tampak pedagang beraktivitas seperti biasa melayani pembeli. Tak juga tampak ada pengosongan kios.

Kepala Dinas Pendapatan Kota Kendari, Nahwa Umar mengaku belum akan meminta bantuan aparat dalam waktu dekat ini. Namun, Ia sangat berharap pedagang sudah mulai beraktivitas di pasar baru saat ini. “Kita juga tidak mau ada kekerasan. Hari ini (kemarin) kita suruh pindah bukan berarti harus selesai dalam sehari, pindahlah dengan sukarela, biar sama-sama enak kerjanya,” datarnya. (b/ely)

Komentar

komentar

1 Comment

1 Comment

  1. kim gamoro

    1 Des 16 08:55 at 08:55

    Ada yg pedekate ini sama pedagang…yaa arahnya apa ya?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan LA
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Kendari Pos dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.

Copyright © Kendari Pos 2016 The Mag Theme. Theme by FAJAR.CO.ID

To Top